CONSUMPTIVE CULTURE IN BTS FANDOM (ARMY) IN D.I.YOGYAKARTA

VIVIAN VEBRYANTI (2023) CONSUMPTIVE CULTURE IN BTS FANDOM (ARMY) IN D.I.YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (731kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai budaya konsumtif yang ditemukan pada komunitas online ARMY Yogyakarta yang merupakan bagian dari komunitas BTS Jogja di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis metode penelitian berupa etnografi virtual, dengan metode pengumpulan data yang terdiri dari observasi virtual dari akun Instagram bts_jogja, wawancara dengan beberapa responden secara online, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya konsumtif terikat dengan budaya penggemar, dan sebagai fan base, akun Instagram bts_jogja memiliki pengaruh terhadap pengembangan budaya konsumtif terhadap komunitas ARMY Yogyakarta yang disebabkan oleh event penggemar mereka, unggahan pada Instagram mereka, dan juga Instagram story mereka. Terutama apabila mereka sedang berkolaborasi dengan gerai K-pop kecil untuk menjual merchandise.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Consumptive Behavior, Popular Culture, Korean Wave, Fandom, BTS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 05 Oct 2023 06:34
Last Modified: 05 Oct 2023 06:34
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38184

Actions (login required)

View Item
View Item