VIVIAN VEBRYANTI (2023) CONSUMPTIVE CULTURE IN BTS FANDOM (ARMY) IN D.I.YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (731kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (160kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (161kB)
Bab I.pdf
Download (161kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (161kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (161kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (71kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (80kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (231kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai budaya konsumtif yang ditemukan pada komunitas online ARMY Yogyakarta yang merupakan bagian dari komunitas BTS Jogja di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis metode penelitian berupa etnografi virtual, dengan metode pengumpulan data yang terdiri dari observasi virtual dari akun Instagram bts_jogja, wawancara dengan beberapa responden secara online, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya konsumtif terikat dengan budaya penggemar, dan sebagai fan base, akun Instagram bts_jogja memiliki pengaruh terhadap pengembangan budaya konsumtif terhadap komunitas ARMY Yogyakarta yang disebabkan oleh event penggemar mereka, unggahan pada Instagram mereka, dan juga Instagram story mereka. Terutama apabila mereka sedang berkolaborasi dengan gerai K-pop kecil untuk menjual merchandise.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Consumptive Behavior, Popular Culture, Korean Wave, Fandom, BTS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 06:34 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 06:34 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38184 |