ANALISIS KINERJA RUMAH SAKIT DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD SETELAH PENERAPAN ASURANSI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN (STUDI KASUS DI RS BERSALIN JEUMPA PONTIANAK)

CUT VANIA ISRAMIZA (2023) ANALISIS KINERJA RUMAH SAKIT DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD SETELAH PENERAPAN ASURANSI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN (STUDI KASUS DI RS BERSALIN JEUMPA PONTIANAK). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengukuran kinerja di Rumah Sakit Bersalin Jeumpa Pontianak. Selama ini RS Bersalin Jeumpa Pontianak mengukur kinerja perusahaan hanya dengan melakukan analisis terhadap laporan keuangannya saja dan membandingkannya dengan hasil yang diperoleh pada periode sebelumnya, sehingga dapat dirumuskan dalam penelitian ini bahwa apakah aspek yang terdapat pada Balanced Scorecard berpengaruh terhadap pengukuran kinerja di Rumah Sakit Bersalin Jeumpa Pontianak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja dari Rumah Sakit Bersalin Jeumpa Pontianak setelah adanya penerapan BPJS Kesehatan dengan menggunakan kelebihan yang terdapat pada Balanced Scorecard.      Penelitian ini menggunakan kombinasi metode kuantitatif dan kualitatif serta analisis deskriptif. Data dikumpulkan dengan dan observasi operasional, wawancara, dan dokumentasi data-data rumah sakit. Subyek penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu, Manager Operasional, kepala bagian akuntansi dan keuangan, kepala bagian kepegawaian dan administrasi, serta pasien rawat jalan dan rawat inap pengguna BPJS Kesehatan di RS Bersalin Jeumpa Pontianak. Pada penelitian ini, untuk menganalisis data kuantitatif dapat dilakukan dengan rumus perhitungan, sedangkan untuk data kualitatif dapat dimulai secara teoritis tentang perspektif Balanced Scorecard pada perusahaan jasa dengan data yang diperoleh dari hasil dokumentasi, observasi, serta hasil wawancara dengan pihak terkait di Rumah Sakit Bersalin Jeumpa Pontianak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Sakit Bersalin Jeumpa Pontianak jika diukur dengan menggunakan Balanced Scorecard pada perspektif keuangan dinilai dinilai terjadi peningkatan kinerja kecuali pada rasio solvabilitas dan rasio aktivitas yaitu pada perputaran piutang usaha., perspektif pelanggan dinilai terjadi peningkatan kinerja kecuali pada akuisisi pelanggan, perspektif proses bisnis internal pada proses operasi dianggap terjadi peningkatan kinerja kecuali pada tingkat kunjungan rawat inap pada indikator BOR, ALOS dan BTO yang dianggap tidak ideal, serta pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dinilai terjadi peningkatan kinerja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard, Performance Measurement, Hospital
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 05 Oct 2023 06:34
Last Modified: 05 Oct 2023 06:34
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38190

Actions (login required)

View Item
View Item