RISQI INDAH NUR LAILI (2023) THE INFLUENCE OF SELF-REGULATED LEARNING STRATEGIES ON ELED STUDENTS' ACADEMIC WRITING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Restricted to Registered users only
Download (880kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (313kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (112kB)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (154kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (247kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (336kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (114kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (315kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (315kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (315kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (627kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Strategi self-regulated learning (SRL) dalam penulisan akademik dikategorikan ke dalam enam dimensi (motif, metode, waktu, kinerja, lingkungan fisik, dan lingkungan sosial). Mahasiswa dapat mengalami penggunaan strategi SRL dalam menghasilkan tulisan akademik karena mereka diharuskan untuk menulis makalah akademik yang lebih kompleks dalam bahasa Inggris. Siswa laki-laki dan perempuan mungkin mengalami preferensi yang berbeda terhadap penerapan strategi SRL dalam penulisan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki perbedaan yang signifikan antara sikap siswa ELED (Departemen Pendidikan Bahasa Inggris) pria dan wanita terhadap penggunaan strategi SRL dalam penulisan akademik dan menemukan strategi SRL yang sering digunakan oleh siswa ELED dalam penulisan akademik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian survei. Penelitian ini melibatkan 112 mahasiswa ELED angkatan 2019 yang mengisi angket berjudul �Enam dimensi SRL dalam penulisan akademik� yang diadaptasi dari Abadikhah, Aliyan, dan Talebi (2018). Temuan melaporkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara sikap siswa laki-laki dan perempuan terhadap penerapan strategi SRL dalam penulisan akademik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t-test sebesar 0,439 yang menunjukkan lebih tinggi dari 0,05 Sig. (2-ekor). Hasil juga menunjukkan bahwa siswa secara merata menerapkan semua strategi SRL dengan rerata tertinggi untuk dimensi lingkungan sosial (M=3.76, SD=0.60) yang menunjukkan mereka lebih suka mencari bantuan dari orang lain atau menggunakan sumber daya dalam tugas menulis mereka.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | self-regulated learning strategies, academic writing, university students, gender difference |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 02:54 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 02:54 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38214 |