PENGARUH KESEIMBANGAN ANTARA TANTANGAN DAN KETERAMPILAN GAME, KEADILAN YANG DIRASAKAN, NILAI MONETER, DAN NILAI SOSIAL TERHADAP NIAT BELI DENGAN NILAI KESENANGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA PEMAIN GAME MOBA (MULTIPLAYER ONLINE BATTLE ARENA) MOBILE LEGENDS: BANG BANG DI INDONESIA)

ADITYA HINDRAMAWAN (2023) PENGARUH KESEIMBANGAN ANTARA TANTANGAN DAN KETERAMPILAN GAME, KEADILAN YANG DIRASAKAN, NILAI MONETER, DAN NILAI SOSIAL TERHADAP NIAT BELI DENGAN NILAI KESENANGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA PEMAIN GAME MOBA (MULTIPLAYER ONLINE BATTLE ARENA) MOBILE LEGENDS: BANG BANG DI INDONESIA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (514kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keseimbangan antara tantangan dan keterampilan game, keadilan yang dirasakan, nilai moneter, dan nilai sosial terhadap niat beli dengan nilai kesenangan sebagai variabel mediasi. Subjek dari penelitian ini adalah konsumen yang sedang atau pernah memainkan Game Mobile Legends: Bang-Bang dan belum pernah membeli item skin dalam permainan tersebut. Dalam penelitian ini membutuhkan 210 sampel responden yang dipilih menggunakan purposive sampling dengan metode non-probability sampling. Data dari penelitian ini disebarkan dan dikumpulkan kepada responden melalui website google form. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS Versi 26 dan Structural Equation Modeling (SEM) dengan Analysis Moment of Structural (AMOS) versi 24. Berdasarkan analisis yang dilakukan bahwa  keseimbangan antara tantangan game berpengaruh positif signifikan dengan nilai kesenangan. Nilai moneter dan nilai kesenangan berpengaruh signifikan terhadap niat beli item skin dalam game, sedangkan keadilan yang dirasakan dan nilai sosial tidak berpengaruh positif terhadap niat beli item skin dalam game. Nilai kesenangan memediasi keseimbangan antara tantangan dan keterampilan game serta keadilan yang dirasakan terhadap niat beli item skin dalam game.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Balance between challenge and game skill, perceived fairness, monetary value, social value, purchase intention, and enjoyment value
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 04 Oct 2023 06:46
Last Modified: 04 Oct 2023 06:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38289

Actions (login required)

View Item
View Item