STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH INKLUSI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA

Alfi Nur Hidayati (2017) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH INKLUSI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB. I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB (5).pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB (6).pdf
Restricted to Registered users only

Download (34MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN A_merged (3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (25MB)

Abstract

Hasil menunjukkan bahwa strategi pembelajaran PAI berwawasan multikultural yang digunakan guru PAI di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta merupakan strategi pembelajaran tuntas dengan penyesuaian terhadap visi, misi, dan tujuan sekolah sebagai penerapan nilai- nilai multikultural. Dalam penyesuaiannya dengan selling kelas inklusi, guru PAI mengimprovisasi strategi pembelajaran PAI berwawasan multikultural dengan aspek-aspek pendidikan inklusi. Adapun faktor pendukug dalam pengimplementasian Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural di sekolah inklusi SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta adalah: (1 ) peran Kepala Sekolah; (2) peran koordinator Guru Pendamping Kelas; (3) peran Guru Pendamping Kelas; dan (4) peran orang tua yang saling bersinergi dalam mengimplementasikan pembelajaran PAI berwawasan multikultural di sekolah inklusi SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. Faktor penghambat pengimplementasian Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural di sekolah inklusi SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta adalah keterbatasan pengetahuan guru PAI dalam mengelola kelas inklusi. Gum PAI belum sepenuhnya paham dalam menangani anak berkebutuhan khusus di dalam kelasnya, sehingga pembelajaran terkadang belum dapat berjalan dengan kondusif dan semua materi belum bisa tersampaikan dengan merata. Adapun upaya guru PAI untuk mengatasi keterbatasan tersebut adalah: (I) pelakukan observasi dan mendekatkan diri dengan siswa berkebutuhan khusus; (2) memberikan perlakuan yang sama terhadap peserta didik berkebutuhan khusus dan tidak memaksakan kemampuannya; (3) menggunakan metode tanya jawab ketika proses pembelajaran berlangsung untuk menjagan kefokusan GPK di dalam pembelajaran PAI; (4) meminta GPK pengganti ketika GPK tidak bisa mendampingi peserta didik; 5) Berusaha mengadakan media belajar kreatif dalam pembelajaran PAI berwawasan multikultural; (6) memperbaiki kualitas mengajar dengan mengikuti seminar dan perkumpulan penunjang kemampuan guru.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Sekolah Inklusi; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Aug 2023 07:47
Last Modified: 21 Aug 2023 07:47
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38302

Actions (login required)

View Item
View Item