Rifka Noor Annisa (2021) Diplomasi Pendidikan Pemerintah Indonesia Dalam Memenuhi Hak Pendidikan Anak TKI di Tawau Sabah Malaysia (Studi Kasus : Keberadaan CLC Indonesia di Tawau Sabah Malaysia Tahun 2017-2020). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (399kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (191kB)
Bab I.pdf
Download (458kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (298kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (681kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (193kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (189kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (435kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (875kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tawau merupakan sebuah wilayah di Sabah Malaysia yang berbatasan dengan Indonesia tepatnya dengan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara, yang dikelilingi laut Sulu di Timur dan laut Sulawesi di Selatan. Di kota Tawau terdapat banyak WNI yang bekerja sebagai pekerja ladang sawit, pekerja swasta, nelayan, serta pedagang. Selain untuk bekerja, terdapat banyak WNI yang menetap di Tawau bersama keluarga dan anak-anak mereka. Karena terdapat banyak Warga Negara Indonesia yang bekerja dan tinggal di Tawau bersama anakanak mereka maka, Kementrian Luar Negeri Indonesia bersama Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) di Malaysia, Konsulat Republik Indonesia Tawau, Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Indonesia, serta Kedutaan Besar Negara Indonesia untuk Malaysia bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan Malaysia (KPM) untuk mendirikan CLC (Community Learning Center), sebagai wadah pendidikan bagi anak-anak TKI di Tawau. CLC yang didirikan memberikan fasilitas pendidikan jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, sedangkan pendidikan jenjang sekolah menengah atas, Pemerintah Indonesia mengupayakan untuk memulangkan siswa ke Indonesia untuk melanjutkan sekolah. Dalam hal ini peneliti melakukan riset mengenai diplomasi pendidikan Pemerintah Indonesia dalam memenuhi hak pendidikan anak TKI dengan studi kasus keberadaan CLC Indonesia di Tawau Sabah Malaysia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data penulis melakukan wawancara dan studi pustaka atau library research dengan mencari data melalui jurnal-jurnal, buku-buku, berita, website resmi, maupun laporan hasil penelitian dari penelitian terdahulu. Penelitian ini menggunakan bantuan Konsep Diplomasi Pendidikan dan Pendekatan Kerjasama Internasional, sehingga dapat ditemukan bahwa Pemerintah Indonesia bertanggung jawab dalam memenuhi hak pendidikan anak-anak TKI di Tawau Sabah Malaysia. Tentu saja dalam melaksanakan upaya tersebut Pemerintah Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Malaysia. Upaya Pemerintah Indonesia dalam memenuhi hak pendidikan anak TKI di Tawau selain mendirikan CLC adalah mengirimkan guru-guru sebagai tenaga pendidik anak TKI, dan memfasilitasi anak TKI untuk bisa melanjutkan sekolah di Indonesia.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 02:55 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 02:55 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3831 |