USWAHZULHASANAH (2023) PENGARUH METODE REFLECTIVE LEARNING TERHADAP MAHASISWA KEPERAWATAN DAN KESEHATAN: A LITERATURE REVIEW. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (702kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (333kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8kB)
Bab I.pdf
Download (188kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (330kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (339kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (188kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (176kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (297kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (539kB)
Abstract
Pembelajaran reflektif dapat didefinisikan sebagai kegiatan atau proses yang bertujuan untuk mengingat kembali tindakan dan proses pembelajaran yang telah dilakukan dalam bentuk observasi. Sebagian besar siswa memperoleh dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka melalui pengalaman belajar atau refleksi. Tujuan dari literature review ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran reflektif pada mahasiswa keperawatan dan mahasiswa kesehatan khususnya pada berpikir kritis. Penelitian ini merupakan jenis literature review yang dilakukan dengan mencari artikel yang berkaitan dengan metode pembelajaran reflektif pada mahasiswa kesehatan dan keperawatan. Penelitian ini merupakan jenis studi pustaka yang dilakukan dengan mencari artikel yang berkaitan dengan metode pembelajaran reflektif pada mahasiswa kesehatan dan keperawatan. Database yang digunakan dalam penyusunan literature review adalah Google Scholar, ScienceDirect, dan Proquest. Teknik pencarian menggunakan kata kunci spesifik dari pertanyaan penelitian: pembelajaran reflektif ATAU praktik reflektif ATAU refleksi DAN berpikir kritis DAN pemecahan masalah DAN mahasiswa keperawatan ATAU mahasiswa kedokteran ATAU mahasiswa profesi kesehatan ATAU mahasiswa sarjana keperawatan. Kriteria inklusi yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teks lengkap, penerbitan jurnal tahun 2015 sampai dengan tahun 2020, menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Hasil tinjauan literatur menunjukkan bahwa pembelajaran reflektif sangat efektif dalam meningkatkan beberapa aspek mahasiswa kesehatan dan keperawatan, dimana mahasiswa belajar melalui pengalaman mereka di klinik. Dengan demikian, pembelajaran reflektif dapat dijadikan acuan model pembelajaran bagi mahasiswa kesehatan dan keperawatan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | reflective learning, teaching method, nursing and health education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Keperawatan S2 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 03:58 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 03:58 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38365 |