MUHAMMAD ICHLASUL AMAL (2023) STRATEGI CUSTOMER RELATIONS ETERNITY COFFEE DI MASA PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT (PPKM) PERIODE JUNI-AGUSTUS TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (420kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (158kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (151kB)
Bab I.pdf
Download (894kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (304kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (157kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (153kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (630kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh usaha terkait kopi di Indonesia yang terus berkembang dengan cepat, melihat banyaknya kedai kopi (coffee shop) yang tumbuh di kota besar di Indonesia dan salah satunya Yogyakarta. coffee shop harus dapat menemukan cara baru untuk terus bertahan, begitu pula bertahan ditengah wabah pandemi COVID-19. Eternity Coffee adalah salah satu kedai kopi di Yogyakarta yang merasakan perjuangannya dalam bersaing dan bertahan di tengah wabah COVID-19. Sehingga hal ini perlu adanya strategi baru oleh pelaku bisnis dalam menjalankan bisnis mereka. Maka penelitian ini meneliti bagaimana hasil dari strategi Customer Relations yang dilakukan Eternity Coffee di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk mempertahankan bisnisnya.Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode tersebut digunakan peneliti untuk mengkaji kondisi objek yang alamiah. Eternity Coffee menggunakan startegi Customer Relations dengan menggunakan data base dari loyalty card, Eternity Coffee berhasil menjalin hubungan kembali dengan para pelanggannya di tengah wabah dan berhasil beradaptasi dalam mencari pelanggan barunya dengan menggunakan media sosial Instagram, dalam hal tersebut Eternity Coffee dapat bertahan dari aturan PPKM dengan cara tetap buka seperti biasanya, tetapi hanya dibatasi untuk para pelanggan setianya dan pelanggan yang terpilih dengan memberikan informasi secara personal dengan menggunakan fitur Instagram Direct Massage.Hasil dari penelitian tersebut menyatakan bahwa Eternity Coffee berhasil bertahan dengan menggunakan strategi Customer Relations. Eternity Coffee memanfaatkan media sosial untuk menjalin kedekatan dan komunikasi secara personal, sehingga Eternity Coffee dapat melewati masa susahnya dalam mempertahankan bisnisnya, dan kini Eternity sudah membuka cabang baru di pogung, Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategy Customer Relations, Covid-19, lock down, Coffee Shop |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 03:57 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 03:57 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38375 |