EFEKTIVITAS APLIKASI ELECTRONIC-MUHAMMADIYAH MONITORING CHRONIC DISEASE DALAM MENGUBAH PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU PENYANDANG HIPERTENSI

NI PUTU SUSARI WIDIANINGSIH (2023) EFEKTIVITAS APLIKASI ELECTRONIC-MUHAMMADIYAH MONITORING CHRONIC DISEASE DALAM MENGUBAH PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU PENYANDANG HIPERTENSI. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (509kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang: Hipertensi (HT) adalah kondisi medis serius yang secara signifikan meningkatkan risiko ke organ lain seperti jantung, otak, dan ginjal. Gaya hidup sehat diperlukan untuk mengontrol tekanan darah, dan salah satu strategi managemen HT adalah melalui promosi kesehatan. Aplikasi Electronic-Muhammadiyah Monitoring Chronic Disease (E-MMCD) merupakan aplikasi kesehatan berbasis teknologi di Indonesia, namun belum teruji efektivitasnya dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku penyandang HT.Metode: Rancangan penelitian ini adalah sequential explanatory mixed methods study design. Ada dua tahapan, pertama adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuasi/eksperimental dan kedua adalah penelitian kualitatif menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD) dan Depth Interview. Lokasi penelitian di rumah sakit Husada Utama Surabaya pada bulan September � November 2022 dengan menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel pada masing-masing kelompok perlakuan (P) dan kontrol (K) adalah 57 partisipan, dan ada 16 responden yang terlibat dalam studi kualitaif.  Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pre- dan post-test melalui kuesioner. Pengamatan dilakukan selama 1 bulan penggunaan aplikasi, sedangkan kelompok K tanpa menggunakan aplikasi. Fase dua dikerjakan setelah fase satu selesai. Analisa hasil menggunakan SPSS untuk studi kuantitatif dan analisa isi untuk studi kualitatif.Hasil: Sebagian besar partisipan berada dalam kelompok usia 56-65 tahun. Pengetahuan pada kelompok K dan P meningkat dengan perbedaan yang tidak signifikan. Sikap dan perilaku pada kelompok K meningkat dengan perbedaan yang tidak signifikan, sedangkan pada kelompok P meningkat dengan perbedaan yang signifikan. Ada 4 tema yang didapat dari hasil diskusi dan wawancara dan juga dari pengalaman partisipan didapatkan hasil positif secara substansial, akan tetapi masih ditemukan hambatan dan memerlukan solusi untuk meningkatkan kepuasan pengguna aplikasi.Kesimpulan: Penggunaan aplikasi E-MMCD efektif dalam mengubah sikap dan perilaku hidup sehat bagi penyandang HT, akan tetapi tidak efektif dalam mengubah pengetahuan. Masih terdapat kendala dalam penggunaan aplikasi E-MMCD terkait konten dan teknis pengunduhan, serta masih perlu peningkatan lebih lanjut mengenai keamanan data, fitur dan konten di aplikasi E-MMCD supaya pengguna lebih nyaman dan patuh.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: effectiveness, E-MMCD, application, hypertension
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 05 Oct 2023 02:54
Last Modified: 05 Oct 2023 02:54
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38426

Actions (login required)

View Item
View Item