HAJAR FAHMI AZZAHRO (2023) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK MELALUI PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 5 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (643kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (358kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Bab I.pdf
Download (411kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (189kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (140kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (854kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (158kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (243kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (503kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya nilai pendidikan kedisiplinan bagi peserta didik. Menegakkan karakter disiplin peserta didik dimulai dari bimbingan kedisiplinan melalui peran guru Aqidah Akhlak, sehingga peserta didik dapat menjalankan kedisiplinan sesuai dengan tata tertib yang berlaku di sekolah tanpa paksaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembinaan karakter disiplin di MAN 5 Sleman, peran guru Aqidah Akhlak serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembinaan karakter disiplin di MAN 5 Sleman.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi Subjek penelitian yaitu guru Aqidah Akhlak dan peserta didik di MAN 5 Sleman. Penulis menggunakan teknik analisis deskriptif. Untuk mendukung uraian dari keadaan di lapangan, penulis menyertakan dokumentasi sebagai pelengkap dan penguat data penelitian.Hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu: (1) Proses untuk menerapkan karakter disiplin siswa di MAN 5 Sleman di antaranya adalah melalui pembiasaan, keteladanan guru, dan pembinaan; (2) Peran guru Aqidah Akhlak sangat penting dalam implementasi karakter disiplin, karena dengan peran guru Aqidah Akhlak memiliki tujuan untuk menumbuhkan sisi Aqidah melalui pengalaman dan pembiasaan; (3) Faktor pendukung dalam implementasi karakter disiplin terdapat beberapa macam faktor yaitu kedisiplinan yang muncul dari diri peserta didik, peran dari orang tua, lingkungan tempat bergaul peserta didik, dan tanggung jawab Guru dalam implementasi karakter disiplin peserta didik. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah kurangnya peran dari orang tua serta lingkungan yang mempengaruhi tingkah laku peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aqidah Akhlaq, Discipline Character, Teacher's Role |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 01:51 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 01:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38513 |