PERAN GURU AQIDAH AKHLAK MELALUI PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 5 SLEMAN

HAJAR FAHMI AZZAHRO (2023) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK MELALUI PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 5 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (643kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya nilai pendidikan kedisiplinan bagi peserta didik. Menegakkan karakter disiplin peserta didik dimulai dari bimbingan kedisiplinan melalui peran guru Aqidah Akhlak, sehingga peserta didik dapat menjalankan kedisiplinan sesuai dengan tata tertib yang berlaku di sekolah tanpa paksaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembinaan karakter disiplin di MAN 5 Sleman, peran guru Aqidah Akhlak serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembinaan karakter disiplin di MAN 5 Sleman.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi Subjek penelitian yaitu guru Aqidah Akhlak dan peserta didik di MAN 5 Sleman. Penulis menggunakan teknik analisis deskriptif. Untuk mendukung uraian dari keadaan di lapangan, penulis menyertakan dokumentasi sebagai pelengkap dan penguat data penelitian.Hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu: (1) Proses untuk menerapkan karakter disiplin siswa di MAN 5 Sleman di antaranya adalah melalui pembiasaan, keteladanan guru, dan pembinaan; (2) Peran guru Aqidah Akhlak sangat penting dalam implementasi karakter disiplin, karena dengan peran guru Aqidah Akhlak memiliki tujuan untuk menumbuhkan sisi Aqidah melalui pengalaman dan pembiasaan; (3) Faktor pendukung dalam implementasi karakter disiplin terdapat beberapa macam faktor yaitu kedisiplinan yang muncul dari diri peserta didik, peran dari orang tua, lingkungan tempat bergaul peserta didik, dan tanggung jawab Guru dalam implementasi karakter disiplin peserta didik. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah kurangnya peran dari orang tua serta lingkungan yang mempengaruhi tingkah laku peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aqidah Akhlaq, Discipline Character, Teacher's Role
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 14 Sep 2023 01:51
Last Modified: 14 Sep 2023 01:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38513

Actions (login required)

View Item
View Item