RIZKI FAJAR NUR FAHMI (2023) PEMBUATAN ASSET KARAKTER DAN ANIMASI 3D PADA GAME SIMULASI KEBAKARAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (602kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (227kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
Bab I.pdf
Download (154kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (207kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (462kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (889kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (136kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (127kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (408kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kebakaran merupakan salah satu bencana atau peristiwa munculnya api yang tidak terduga dan sering menjadi gangguan serta bersifat merugikan. Bencana kebakaran banyak terjadi karena kelalaian individu dan banyak faktor lainnya. Maka kebakaran dapat dikategorikan sebagai bencana menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Tetapi banyak dari masyarakat umum yang masih belum paham dalam melakukan penyelamatan diri dan menangani api ringan khususnya pada saat kebakaran terjadi. Hal ini terjadi dikarenakan kurangnya edukasi mengenai program pelatihan mengenai bencana kebakaran yang disampaikan kepada masyarakat. Maka dari itu keterbatasan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan media game. Selain berguna sebagai hiburan, game dapat digunakan sebagai media simulasi yang edukatif. Namun game simulasi tidak dapat dimainkan dengan baik apabila tidak memiliki karakter dan animasi 3D di dalamnya. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan karakter dan animasi 3D yang dapat digunakan pada game simulasi kebakaran. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan metode Multimedia Development life cycle (MDLC) yang mana merancang dan mengembangkan aplikasi berbasis multimedia. Berdasarkan pengujian pada Unreal Engine, dapat disimpulkan bahwa 3D asset yang berisikan karakter dan animasi tersebut dapat di gunakan di dalam game simulasi kebakaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fire, character, 3D animation, multimedia development life cycle |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 09:14 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 09:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38599 |