DIPLOMASI KOPI INDONESIA PADA ERA PEMERINTAHAN JOKO WIDODO (2019-2021)

RAFI FOLANDA ANGGIKA PUTRA (2023) DIPLOMASI KOPI INDONESIA PADA ERA PEMERINTAHAN JOKO WIDODO (2019-2021). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (535kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (960kB)

Abstract

Indonesia merupakan produsen kopi terbesar ke-4 (empat) setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia. Dengan begitu pemerintahan Joko Widodo tak tinggal diam, melalui Kementerian Luar Negeri memasukkan kurikulum tentang kopi bagi diplomat untuk mendorong perkembangan industri kopi nasional. Para diplomat Indonesia juga diajarkan untuk menjadi barista dan layak untuk memahami kopi asal Indonesia hingga akarnya sebelum mempromosikan kepada pihak luar. Karya tulis ini berusaha untuk menjelasan bagaimana strategi diplomasi kopi Indonesia pada masa pemerintahan Joko Widodo pada tahun 2019-2021, dengan menggunakan kerangka teoritik gastrodiplomacy. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang mengacu pada penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya dan sumber sekunder yang dapat dipercaya. Hasil dari penelitian ini memaparkan strategi diplomasi kopi Indonesia dengan menerapkan enam bentuk strategi yang dikemukakan oleh Juyan Zhang yaitu product marketing strategy, food event strategy, coalition building strategy, the use of opinion leaders strategy, media relation strategy, the education strategy. Strategi diplomasi kopi Indonesia tidak lepas dari kontribusi aktor negara dan non-negara serta berusaha untuk membangun citra nasional yang positif untuk kopi Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: coffee diplomacy, gastrodiplomacy, strategy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:29
Last Modified: 11 Sep 2023 02:29
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38643

Actions (login required)

View Item
View Item