TRIANA QOTRUN NADA (2023) REPRESENTATION OF CONSUMPTIVE LIFESTYLE IN TOKOPEDIA ADS "TAMPIL CANTIK SEKALI KLIK". S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (775kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (507kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (112kB)
Bab I.pdf
Download (112kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (444kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (646kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (214kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (646kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan tentang pembentukan gaya hidup konsumtif dan timbulnya budaya konsumerisme terhadap iklan Tokopedia Tampil Cantik Sekali Klik. Gaya hidup konsumtif diawali dengan proses konsumsi yang tidak terkontrol dan berdampak pada perilaku masyarakat yang tidak bisa membedakan antara kebutuhan primer dan keinginan semata. Tokopedia merupakan salah satu e-commerce di Indonesia yang menyediakan segala kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fitur. Banyak kemudahan yang hadir sejak adanya e-commerce semacam Tokopedia. Kemudahan tersebut lalu menarik banyak penggunanya untuk lebih sering berbelanja lewat Tokopedia. Akibatnya, proses konsumsi mereka berubah, yang awalnya memenuhi kebutuhan menjadi memenuhi keinginan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian Semiotik Roland Barthes. Barthes dengan teorinya berfokus pada konotasi, denotasi, dan mitologi. Hasil penelitiannya yaitu, melalui pemaknaan denotasi, konotasi dan mitos oleh Roland Barthes, terungkap bahwa apa yang di tampilkan Tokopedia dalam iklannya bisa memicu timbulnya gaya hidup konsumtif bagi para penggunanya. Gaya hidup konsumtif muncul akibat kemudahan yang ditawarkan oleh iklan Tokopedia Tampil Cantik Sekali Klik, menjadikan masyarakat tidak bisa membedakan mana yang kebutuhan utama dan keinginan semata. Kemudahan tersebut dikemas dalam fitur-fitur yang disediakan oleh Tokopedia melalui iklan yang mereka tampilkan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Consumptive Lifestyle, Consumerism, Advertisement |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 02:29 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 02:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38649 |