REPRESENTATION OF CONSUMPTIVE LIFESTYLE IN TOKOPEDIA ADS "TAMPIL CANTIK SEKALI KLIK"

TRIANA QOTRUN NADA (2023) REPRESENTATION OF CONSUMPTIVE LIFESTYLE IN TOKOPEDIA ADS "TAMPIL CANTIK SEKALI KLIK". S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (775kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang pembentukan gaya hidup konsumtif dan timbulnya budaya konsumerisme terhadap iklan Tokopedia Tampil Cantik Sekali Klik. Gaya hidup konsumtif diawali dengan proses konsumsi yang tidak terkontrol dan berdampak pada perilaku masyarakat yang tidak bisa membedakan antara kebutuhan primer dan keinginan semata. Tokopedia merupakan salah satu e-commerce di Indonesia yang menyediakan segala kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fitur. Banyak kemudahan yang hadir sejak adanya e-commerce semacam Tokopedia. Kemudahan tersebut lalu menarik banyak penggunanya untuk lebih sering berbelanja lewat Tokopedia. Akibatnya, proses konsumsi mereka berubah, yang awalnya memenuhi kebutuhan menjadi memenuhi keinginan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian Semiotik Roland Barthes. Barthes dengan teorinya berfokus pada konotasi, denotasi, dan mitologi. Hasil penelitiannya yaitu, melalui pemaknaan denotasi, konotasi dan mitos oleh Roland Barthes, terungkap bahwa apa  yang di tampilkan Tokopedia dalam iklannya bisa memicu timbulnya gaya hidup konsumtif bagi para penggunanya. Gaya hidup konsumtif muncul akibat kemudahan yang ditawarkan oleh iklan Tokopedia Tampil Cantik Sekali Klik, menjadikan masyarakat tidak bisa membedakan mana yang kebutuhan utama dan keinginan semata. Kemudahan tersebut dikemas dalam fitur-fitur yang disediakan oleh Tokopedia melalui iklan yang mereka tampilkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Consumptive Lifestyle, Consumerism, Advertisement
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:29
Last Modified: 11 Sep 2023 02:29
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38649

Actions (login required)

View Item
View Item