SILMI RIVA'AH WALIATULHAQ (2023) EFL STUDENTS' PERCEPTIONS ON READING ENGLISH NOVELS FOR VOCABULARY MASTERY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (915kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (852kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (12kB)
Bab I.pdf
Download (30kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (102kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (30kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (148kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (62kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (161kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (161kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (303kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pengembangan penguasaan kosakata dapat dilakukan dengan membaca secara ekstensif menggunakan novel berbahasa Inggris. Membaca novel bahasa Inggris cocok untuk mengembangkan penguasaan kosa kata. Penelitian ini mengkaji strategi yang digunakan siswa untuk mengembangkan penguasaan kosa kata dengan membaca novel berbahasa Inggris dan kesulitan yang dihadapi siswa saat membaca novel berbahasa Inggris untuk mengembangkan penguasaan kosa kata. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan dilakukan di sebuah universitas Islam swasta di Yogyakarta. Untuk pengumpulan data, peneliti mewawancarai delapan partisipan yang memenuhi kriteria. Peneliti menemukan strategi untuk mengembangkan penguasaan kosa kata melalui novel berbahasa Inggris melibatkan; memilih novel berdasarkan level, menebak arti kata dari konteks, menandai kata yang tidak diketahui, memilih novel berdasarkan minat, membuat catatan, membuka kamus, dan bertanya kepada teman tentang kosakata yang tidak dikenal. Kemudian temuan kesulitan siswa saat membaca novel untuk mengembangkan penguasaan kosa kata adalah; kesulitan dalam memahami kosa kata asing, kesulitan dalam memahami kata-kata yang ambigu, kesulitan dalam memilih novel yang cocok, dan kesulitan dalam mengingat kata-kata baru. Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa tidak hanya menggunakan satu strategi tetapi beberapa strategi dan mereka mengalami kesulitan ketika mengembangkan penguasaan kosa kata dengan membaca novel.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Difficulties, Novels, Reading, Strategies, Vocabulary Mastery |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 03:31 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 03:31 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38857 |