THE EFFECTIVENESS OF USING PICTURE STORYBOOK IN IMPROVING FIFTH GRADERS� VOCABULARY MASTERY

ALYA RAHMA MOEDJIYANTI (2023) THE EFFECTIVENESS OF USING PICTURE STORYBOOK IN IMPROVING FIFTH GRADERS� VOCABULARY MASTERY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu media yang terbukti dapat meningkatkan penguasaan kosakata adalah buku cerita bergambar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui skor pretes dan postes penguasaan kosakata siswa kelas lima dengan penerapan buku cerita bergambar, skor pretes dan postes penguasaan kosakata siswa kelas lima tanpa penerapan buku cerita bergambar, dan untuk melihat keefektifan penggunaan media buku cerita bergambar. dalam meningkatkan penguasaan kosa kata siswa kelas lima. Peneliti menggunakan desain eksperimen dengan metode kuantitatif. Peserta penelitian ini terdiri dari 50 siswa dari kelas lima. Pada penelitian ini peneliti membentuk kelas kontrol (5 Tsabat) dan kelas eksperimen (5 Tsiqoh) dengan jumlah siswa 25 orang per kelas. Peneliti menggunakan pretest dan posttest sebagai instrumen penelitian. Pre-test dan post-test digunakan untuk mengetahui penguasaan kosa kata siswa. Perlakuan menggunakan buku cerita bergambar dilaksanakan pada kelas eksperimen selama empat kali pertemuan. Dari data yang dikumpulkan, skor pretest kelas eksperimen adalah 70,40 dan skor rata-rata posttest adalah 85,60. Data menunjukkan bahwa rata-rata skor rata-rata pretest dikategorikan �Cukup Baik� dan skor rata-rata posttest dikategorikan �Sangat Baik�. Di sisi lain, skor rata-rata pretes kelas kontrol adalah 68,60 dan skor rata-rata pascates adalah 79,20. Berdasarkan data tersebut, rata-rata skor rata-rata pretes dikategorikan sebagai �Cukup Baik� dan skor rata-rata postes dikategorikan sebagai �Baik�. Untuk menguji hipotesis, peneliti melakukan uji Mann-Whitney. Nilai signifikansi adalah 0,009, yang lebih rendah dari 0,05 (0,009kurangdari0,05). Oleh karena itu, hipotesis alternatif dapat diterima dan temuan penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan buku cerita bergambar efektif dalam meningkatkan penguasaan kosa kata siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Vocabulary, Vocabulary mastery, Learning Media, Picture Storybook, EFL Learning.
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 08 Sep 2023 07:06
Last Modified: 08 Sep 2023 07:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/38918

Actions (login required)

View Item
View Item