UJI IRITASI DAN UJI KELEMBABAN SEDIAAN SERUM KOMBINASI EKSTRAK DAUN KELOR (MORINGA OLEIFERA L) DAN VCO (VIRGIN COCONUT OIL)

IQBAL JAZULIYANTO (2023) UJI IRITASI DAN UJI KELEMBABAN SEDIAAN SERUM KOMBINASI EKSTRAK DAUN KELOR (MORINGA OLEIFERA L) DAN VCO (VIRGIN COCONUT OIL). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Zaman modern ini banyak sekali muncul inovasi sediaan kosmetik salah satunya adalah serum. Serum banyak digemari masyarakat karena mempunyai viskositas rendah dan dengan konsentrasi bahan aktif yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana hasil uji iritasi dan uji kelembaban sediaan serum kombinasi ekstrak daun kelor (Moringa oleifera L) dan VCO (Virgin coconut oil)Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu eksperimental laboratorium. Ekstrak daun kelor didapat dengan menggunakan metode infundasi dan virgin coconut oil (VCO) didapatkan dengan metode enzimatis. Selanjutnya dilakukan formulasi terhadap ekstrak daun kelor dan virgin coconut oil (VCO) dan dibuat sediaan serum dengan konsentrasi ekstrak daun kelor 4%, 5%, 6 persen dan konsentrasi virgin coconut oil (VCO) 5%, 6%, 7%. Kemudian dilakukan pengujian iritasi pada hewan uji kelinci New Zealand dewasa menggunakan metode Draize. Pengamatan dilakukan pada jam ke 24, 48, dan 72 setelah dioleskan sediaan. Hasil uji iritasi yaitu pada kontrol negatif mempunyai hasil indeks skor iritasi 3 (iritasi sedang) dan untuk formula 1,2,3 menunjukkan hasil indeks skor iritasi yaitu 2,5 (iritasi ringan). Selanjutnya dilakukan uji kelembaban pada kulit manusia. dengan menggunakan skin detector dan dicatat setiap hasil dari masing-masing responden. Kemudian dilakukan analisis uji normalitas dan uji homogenitas. Dilanjutkan analisis menggunakan one way ANOVA dan uji Paired sample T test. Untuk hasil uji one way ANOVA hasil menunjukkan bahwa pada kelompok kontrol dan perlakuan menghasilkan nilai sig > 0,05 yang bermakna tidak ada perbedaan signifikan dalam memberikan efek melembabkan. Kemudian untuk uji Paired sample T test, hasil menunjukkan nilai sig kurang dari 0,05 yang bermakna terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah diberikan serum kombinasi ekstrak daun kelor dan virgin coconut oil (VCO).Kesimpulan pada penelitian ini adalah formulasi sediaan serum kombinasi ekstrak daun kelor dan virgin coconut oil (VCO) hasil uji iritasi yang dilakukan pada hewan uji kelinci menghasilkan indeks skor iritasi pada formula 1,2,3 yaitu 2,5 (Iritasi ringan) dan untuk formula kontrol mempunyai skor indeks iritasi 3 (iritasi sedang). Hasil uji kelembaban kelompok kontrol maupun kelompok perlakuan terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah diberi perlakuan namun tidak signifikan dalam memberi efek melembabkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: serum, Moringa leaf, VCO, irritation test, humidity test
Divisions: Fakultas Kedokteran > Farmasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:19
Last Modified: 07 Sep 2023 04:19
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39007

Actions (login required)

View Item
View Item