PEMBANGUNAN GAME CHESSBOMB MENGGUNAKAN FLUTTER

YUNUS NIANDY SAPUTRO (2023) PEMBANGUNAN GAME CHESSBOMB MENGGUNAKAN FLUTTER. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Dalam penelitian terdahulu, Riyantama telah membuat permainan catur dengan variasi baru yang diberi nama ChessBomb. Permainan tersebut adalah permainan Catur yang dikombinasikan dengan permainan Bomberman. Akan tetapi dalam proses pengembangannya hanya sampai pada pembuatan GDD (Game Design Document) dan SRS (Software Requirement Specifications). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat permainan ChessBomb kedalam bentuk digital berdasarkan GDD dan SRS yang dibuat pada penelitian sebelumnya.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode GDLC (Game Development Life Cycle) yang dirancang oleh Heather Maxwell Chandler. Metode GDLC yang diimplementasikan dalam penelitian ini meliputi 3 tahap yaitu Pre-Production, Production, dan Testing. Terdapat dua proses pengujian pada penelitian ini. Pengujian pertama adalah pengujian fungsi, dari hasil pengujian fungsi didapatkan bahwa semua fungsi dari permainan ChessBomb berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Pengujian yang kedua adalah pengujian kompabilitas, pada pengujian kompabilitas didapatkan hasil bahwa tampilan aplikasi permainan ChessBomb sudah sesuai dengan desain meskipun pada perangkat dengan ukuran layar serta sistem operasi yang berbeda-beda. Hasil dari penelitian ini adalah permainan ChessBomb yang dapat dimainkan pada perangkat mobile.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Chess, ChessBomb, Game Design Document, Software Requirement Specifications, Game Development Life Cycle, Mobile
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:17
Last Modified: 07 Sep 2023 04:17
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39017

Actions (login required)

View Item
View Item