AISYAH NOOR SUHA (2023) ACADEMIC WRITING ANXIETY FACED BY EFL STUDENTS' IN A PRIVATE UNIVERSITY OF YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (356kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (156kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (84kB)
Bab I.pdf
Download (104kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (136kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (142kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (171kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (80kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (108kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (289kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (169kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (834kB)
Abstract
Menulis akademik sering dianggap sebagai keterampilan yang menantang karena kebanyakan siswa biasanya berjuang untuk mengkomunikasikan ide-ide, bahkan dalam bentuk tulisan sederhana. Ketika diminta untuk menghasilkan tulisan akademik dalam bahasa Inggris, siswa sering mengalami kecemasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa merasa cemas dalam menulis akademik dan menjelaskan strategi yang digunakan mahasiswa untuk mengurangi kecemasan menulis akademik mereka di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (ELED) sebuah universitas swasta di Yogyakarta. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama angkatan 2022 jurusan ELED di salah satu universitas swasta di Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam untuk mengetahui kecemasan mahasiswa EFL dalam penulisan akademik, lebih spesifik mengenai faktor dan strategi yang digunakan mahasiswa EFL dalam penulisan akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab kecemasan menulis siswa adalah kurangnya inspirasi, kurangnya kosa kata, kurang percaya diri, kurang tata bahasa, kurang minat, tekanan pekerjaan sempurna, takut membuat kesalahan, takut negatif evaluasi, dan tekanan waktu. Selain itu, mengenai pertanyaan penelitian kedua, data mengungkapkan strategi yang digunakan siswa untuk mengurangi kecemasan menulis seperti mencari bantuan, berpikir positif, banyak membaca buku, istirahat yang cukup, meningkatkan penguasaan kosa kata, menggunakan aplikasi pengecekan tata bahasa, latihan menulis, dan mencoba rileks. Penyebutan strategi didasarkan pada data dari peserta dan terkait dengan faktor.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | academic writing anxiety, academic writing anxiety factors, strategies to reduce academic writing anxiety |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 04:15 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 04:15 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39026 |