ACADEMIC WRITING ANXIETY FACED BY EFL STUDENTS' IN A PRIVATE UNIVERSITY OF YOGYAKARTA

AISYAH NOOR SUHA (2023) ACADEMIC WRITING ANXIETY FACED BY EFL STUDENTS' IN A PRIVATE UNIVERSITY OF YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (834kB)

Abstract

Menulis akademik sering dianggap sebagai keterampilan yang menantang karena kebanyakan siswa biasanya berjuang untuk mengkomunikasikan ide-ide, bahkan dalam bentuk tulisan sederhana. Ketika diminta untuk menghasilkan tulisan akademik dalam bahasa Inggris, siswa sering mengalami kecemasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa merasa cemas dalam menulis akademik dan menjelaskan strategi yang digunakan mahasiswa untuk mengurangi kecemasan menulis akademik mereka di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (ELED) sebuah universitas swasta di Yogyakarta. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama angkatan 2022 jurusan ELED di salah satu universitas swasta di Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam untuk mengetahui kecemasan mahasiswa EFL dalam penulisan akademik, lebih spesifik mengenai faktor dan strategi yang digunakan mahasiswa EFL dalam penulisan akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab kecemasan menulis siswa adalah kurangnya inspirasi, kurangnya kosa kata, kurang percaya diri, kurang tata bahasa, kurang minat, tekanan pekerjaan sempurna, takut membuat kesalahan, takut negatif evaluasi, dan tekanan waktu. Selain itu, mengenai pertanyaan penelitian kedua, data mengungkapkan strategi yang digunakan siswa untuk mengurangi kecemasan menulis seperti mencari bantuan, berpikir positif, banyak membaca buku, istirahat yang cukup, meningkatkan penguasaan kosa kata, menggunakan aplikasi pengecekan tata bahasa, latihan menulis, dan mencoba rileks. Penyebutan strategi didasarkan pada data dari peserta dan terkait dengan faktor.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: academic writing anxiety, academic writing anxiety factors, strategies to reduce academic writing anxiety
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:15
Last Modified: 07 Sep 2023 04:15
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39026

Actions (login required)

View Item
View Item