KIRANA PUTERI (2023) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI "SNALED ARABIY" DALAM PENGENALAN HURUF HIJAIYYAH PADA ANAK USIA DINI TK SUNAN GUNUNGJATI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (245kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (182kB)
Bab I.pdf
Download (190kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (290kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (215kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (677kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (168kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (133kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (470kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Huruf hijaiyyah merupan materi dasar dalam belajar Bahasa Arab serta dalam membaca Al-qur�an. Pengenalan huruf hijaiyyah dapat digunakan dengan banyaknya metode, salah satunya yaitu metode bermain. Dalam penelitian ini pengenalan huruf hijaiyyah diajarkan dengan menggunakan game edukasi Snaled Arabiy. Snaled Arabiy merupakan modifikasi dari permainan ular tangga yang didesain khusus dengan materi huruf hijaiyyah alif sampai ya dan diberikannya tambahan kosa kata Bahasa Arab.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan game edukasi Snaled Arabiy dalam pengenalan huruf hijaiyyah pada anak usia dini di TK Islam Sunan Gunungjati. Penelitian ini menjawab permasalahan berikut : 1) Bagaimana pengembangan game ular tangga untuk menjadikan huruf hijaiyyah menjadi familiar terhadap siswa TK Islam sunan Gunungjati, 2) Bagaimana penerapan game ular tangga dan faktor pendukung serta hambatan yang ada dalam media ular tangga, 3) Apa hasil penggunaan game edukasi Snaled Arabiy dalam pengenalan huruf hijaiyyah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket.Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) pengembangan game edukasi Snaled Arabiy dilakukan dengan tahap desain, yang dilanjutkan dengan validasi oleh ahli Pendidikan dan Bahasa, 2) penerapan game edukasi Snaled Arabiy dalam pengenalan huruf hijaiyyah di TK Islam Sunan Gunungjati cukup baik dan lancar, anak mampu menyebutkan 10-28 huruf dengan benar dan dilakukan sebanyak 5 tahap, 3) Adapun hasil dari penggunaan tersebut anak merasa senang dalam belajar, terbentuknya suasana belajar yang gembira, meningkatnya pengetahuan anak terhadap huruf hijaiyyah maupun kosa kata Bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Educational Games, Early Childhood, Hijaiyyah Letters |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 04:13 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39078 |