DWINA RAHMA QHISTI (2023) THE INTERNS� PERCEPTION TOWARDS ENGLISH SPEAKING ANXIETY AT AN ENGLISH COURSE IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (799kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (492kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (218kB)
Bab I.pdf
Download (302kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (396kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (233kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (423kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (387kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (322kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (477kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (176kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Berbicara adalah salah satu keterampilan bahasa Inggris yang paling penting untuk diperoleh, dan kecemasan berbicara menghambat kemampuan siswa untuk berbicara. Kecemasan berbicara dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Ini juga dimungkinkan dalam Kursus Bahasa Inggris, suatu bentuk pendidikan informal. Penelitian ini berusaha untuk menyelidiki penyebab kecemasan peserta magang selama praktik berbicara bahasa Inggris dan strategi koping peserta magang. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara. Partisipan dalam penelitian ini adalah enam orang magang dari salah satu kursus bahasa Inggris di Yogyakarta pada tahun 2022. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para peserta magang merasa cemas ketika harus berbicara bahasa Inggris satu sama lain. Berdasarkan hasil wawancara, terdapat tujuh faktor kecemasan peserta magang dalam praktik berbicara bahasa Inggris di tempat kursus bahasa Inggris di Yogyakarta. Faktor-faktor tersebut adalah peserta magang kurang pengalaman, kontak mata dengan audiens, takut membuat kesalahan, kurangnya persiapan peserta magang, kurang percaya diri, kurangnya pengetahuan bahasa, dan penilaian orang lain. Selanjutnya, penelitian juga menemukan strategi mereka untuk mengatasi kecemasan mereka. Strategi-strategi tersebut adalah magang melakukan bahasa non-verbal, melatih vokal dan artikulasi, menghindari kontak mata dengan audiens, mencampur bahasa, terkait penegasan diri, melakukan persiapan yang baik, bersantai, berinteraksi dengan audiens, dan membuat lelucon.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | speaking anxiety, the causes of speaking anxiety, the strategies to overcome speaking anxiety |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 04:12 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 04:12 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39081 |