REVI YUDHISTIRA (2023) STRATEGI PROMOSI DESA WISATA DANAU PADING, BANGKA BELITUNG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (83kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (172kB)
Bab I.pdf
Download (807kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (618kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (922kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (289kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (288kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (768kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (502kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena melihat adanya objek wisata di Indonesia yang terbilang baru namun sudah memiliki banyak pengunjung. Salah satunya adalah Danau Pading yang merupakan tempat wisata baru dan memiliki jumlah pengunjung yang terus meningkat. Destinasi wisata ini bahkan viral dan dikunjung oleh Bapak Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia karena keindahannya. Hal ini menarik berkaitan dengan bagaimana strategi promosi yang dilakukan oleh pengelola Danau Pading apalagi melalui media sosial, khususnya Instagram. Instagram beroperasi secara real-time dan fokus pada gambar, memiliki beragam fitur, mudah digunakan, serta berjalan dengan baik, hal itu patut diperhatikan. Fokus penelitian ini adalah strategi promosi Danau Pading melalui media sosial Instagram pada tahun 2022. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan paradigma post-positivistik. Penelitian ini berlokasi di Desa Perlang, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara bersama admin @danau_pading. Hasil dari penelitian tersebut menyatakan bahwa Danau Pading memilih Instagram sebagai media promosinya bertujuan untuk membuat pengunjung datang secara berkelanjutan dan datang berkali-kali. Melalui Instagram, Danau Pading melakukan beberapa strategi promosi untuk menarik pengunjung dan menciptakan relasi yang baik dengan pengguna Instagram. Adapun strategi promosi yang dilakukan melalui Instagram adalah menciptakan citra yang kuat, membuat pengunjung tidak jera, dan terlibat dalam komunikasi dengan pengguna Instagram yang dilakukan dengan cara monitor dan melihat ulasan dari pengunjung maupun calon pengunjung, memuat komunikasi informasi Danau Pading, membuka komunikasi secara langsung, mengelola dan meninjau komentar, membangun hubungan baik dengan followers serta melayani interaksi sosial secara menyeluruh.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instagram, Promotion Strategy, Tourist Spots, @danau_pading Account |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 04:04 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 04:04 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39103 |