LU'LU LUTHFIYYAH NURSALAMAH (2023) STUDENTS' PERCEPTIONS ON THE USE OF E-LEARNING FOR AN ACADEMIC ENGLISH COURSE AT AN AGRICULTURAL DEPARTMENT IN A PRIVATE ISLAMIC UNIVERSITY IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (576kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (97kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (158kB)
Bab I.pdf
Download (300kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (155kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (288kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (256kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (16kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (140kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (292kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (842kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
E-learning merupakan platform kegiatan belajar mengajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Elearning telah diadaptasi di beberapa perguruan tinggi dan semakin banyak digunakan di era pandemi. Di salah satu universitas Islam di Yogyakarta, e-learning telah dimanfaatkan oleh seluruh mahasiswa dari berbagai fakultas dan salah satunya adalah mahasiswa fakultas pertanian dalam mata kuliah bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa mengenai manfaat dan tantangan e-learning untuk mata kuliah Bahasa Inggris akademik. Desain kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini, dan wawancara dilakukan untuk mengumpulkan data. Data dikumpulkan dari delapan mahasiswa fakultas Pertanian angkatan 2020 yang telah mengikuti e-learning selama kursus bahasa Inggris setidaknya selama satu tahun. Temuan mengungkapkan bahwa e-learning menawarkan berbagai manfaat seperti fleksibilitas dalam belajar, efektivitas biaya, akses informasi yang lebih luas, dampak positif, promosi kreativitas, dan kesadaran gaya belajar individu. Namun, e-learning juga memiliki tantangan seperti interaksi fisik yang berkurang, keengganan berbicara spontan, kemungkinan kecurangan, masalah teknis, kurangnya interaksi, kurangnya literasi digital, dan penurunan minat belajar. Secara keseluruhan penelitian ini menyimpulkan bahwa e-learning dapat menimbulkan persepsi positif maupun negatif dan dapat dimanfaatkan secara optimal dengan meningkatkan kesiapan baik guru maupun siswa sebelum dimulainya proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-learning during pandemic, alternative learning, benefits of e-learning, difficulties of e-learning. |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 03:49 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 03:49 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39159 |