ARKHAN NURTIAZ FAADIHILAH (2023) STRATEGI PERSONAL BRANDING ARSAL BAHTIARSEBAGAI CONTENT CREATOR TRAVEL STORYTELLER MELALUI AKUN INSTAGRAM @ARSALBAHTIAR TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (515kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (348kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (16kB)
Bab I.pdf
Download (387kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (902kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (63kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (157kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (117kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (715kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Perkembangan teknologi menjadikan internet dan media sosial saling berkaitan serta melekat dalam kehidupan masyarakat. Melalui media sosial dapat disampaikan dengan berbagai cara kreatif untuk menciptakan identitas pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah yang dilakukan oleh Arsal Bahtiar dalam membangun personal branding melalui akun Instagram @arsalbahtiar sebagai conten creator travel storyteller. Di mana Instagram-nya memiliki maksud dan tujuan untuk memperkenalkan keindahan alam di Indonesia kepada para followersnya melalui media foto serta audio visual. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi dari unggahan Instagram milik Arsal Bahtiar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa unsur yang digunakan dalam membangun strategi personal branding seperti visual, imajinasi, interaksi dan konsistensi serta pengakuan. Unsur visual mencakup pemilihan objek, konsep, tone warna milik @arsalbahtiar. Melalui gambar serta audio visual yang sangat erat kaitannya dengan apa yang ada di benak followersnya dalam unsur imajinasi. Konsistensi pada konten-kontennya di Instagram baik dari segi visual seperti tone warna dan nuansa yang ia bangun, serta dari segi interaksi yang Arsal Bahtiar bangun dengan para followersnya. Menjadi Brand Ambassador perlengkapan kegiatan luar ruang menjadi bentuk dari unsur pengakuan. Penelitian ini juga menemukan 8 konsep utama personal branding Peter Montoya, Spesialisasi, Kepemimpinan, Kepribadian, Perbedaan, Kenampakan, Kesatuan, Keteguhan dan Nama baik. Konsep spesialisasi serta keteguhan menjadi hal yang menonjol sebagai kekuatan personal branding Arsal Bahtiar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Personal Branding, Arsal Bahtiar, Content Creator, Instagram, Travel Storyteller. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 07:08 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 07:08 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39162 |