INTAN SORAYA MULYANA (2023) STRATEGI REBRANDING GRAND KEISHA BY HORISON MENJADI GRAND KEISHA HOTEL PADA TAHUN 2019. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (305kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (270kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (145kB)
Bab I.pdf
Download (384kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (330kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (352kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (37kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (181kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (156kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (291kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini menganalisis tentang strategi rebranding yang dilakukan oleh Grand Keisha Hotel setelah memutuskan untuk memisahkan diri dari naungan manajemen Horison Grup. Grand Keisha Hotel merupakan salah satu hotel bintang empat yang ada di Yogyakarta. Berdiri pada tahun 2017 dengan nama Grand Keisha by Horison. Namun, pada Agustus 2019 Grand Keisha by Horison resmi berpisah dari manajemen Horison Grup, dan berganti nama dari Grand Keisha by Horison menjadi Grand Keisha Hotel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai strategi rebranding yang digunakan oleh Grand Keisha Hotel setelah lepas dari Manajemen Horison Grup.Rebranding merupakan upaya perusahaan untuk memperbaharui sebuah brand yang telah ada agar menjadi lebih baik tetapi tidak mengabaikan dan melupakan tujuan awal perusahaan yaitu profit. sementara itu, proses rebranding tidaklah mudah dan harus melakukan pertimbangan internal dan eksternal. Metode yang peneliti gunakan untuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Lead and Development Grand Keisha Hotel sebagai salah satu pihak yang terjun langsung dalam melaksanakan proses rebranding dari awal hingga selesai. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, peneliti dapat menyimpulkan bahwa strategi rebranding yang dilakukan oleh Grand Hotel setelah berpisah dari Horison Grup adalah dengan menerapkan tahapan-tahapan rebranding berupa tahap renaming, redesign, dan relaunching.Tahap renaming yang dilakukan diantaranya yaitu, yang pertama adalah mengganti nama dari Grand Keisha by Horison menjadi Grand Keisha hotel, lalu mengubah tagline hotel, mengubah visi misi, corporate culture, Standar Operasional Prosedure (SOP) hotel. Sedangkan untuk tahap redesign, yang dilakukan diantaranya ialah dengan menghilangkan tulisan �by Horison� pada semua atribut dan elemen hotel yang terlihat baik yang terlihat didalam hotel maupun diluar hotel, merubah warna pada logo hotel, merubah pilihan font tulisan, meluncurkan seragam baru para staff dan karyawan. Dan tahap relaunching yang dilakukan secara internal dan eksternal. Relaunching internal, dilakukan dengan sosialiasasi kepada staff dan karyawan hotel melalui rapat, atau morning briefing. Sedangkan untuk relaunching external dilakukan dengan pemberitahuan rebranding melalui media sosial milik Grand Keisha Hotel, memuat pemberitaan mengenai rebranding hotel di surat kabar atau koran, personal touch oleh sales-sales kepada pihak-pihak yang bekerja sama dengan Grand Keisha Hotel, dan melakukan pers gathering dengan mengundang beberapa rekan media cetak, media online besar yang ada di Jogja, influencer, rekan-rekan dari agen perjalanan baik online maupun offline, dan musisi-musisi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rebranding, Hotels, Grand Keisha Hotel of Yogyakarta |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 03:48 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 03:48 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39165 |