STRATEGI REBRANDING GRAND KEISHA BY HORISON MENJADI GRAND KEISHA HOTEL PADA TAHUN 2019

INTAN SORAYA MULYANA (2023) STRATEGI REBRANDING GRAND KEISHA BY HORISON MENJADI GRAND KEISHA HOTEL PADA TAHUN 2019. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang strategi rebranding yang dilakukan oleh Grand Keisha Hotel setelah memutuskan untuk memisahkan diri dari naungan manajemen Horison Grup. Grand Keisha Hotel merupakan salah satu hotel bintang empat yang ada di Yogyakarta. Berdiri pada tahun 2017 dengan nama Grand Keisha by Horison. Namun, pada Agustus 2019 Grand Keisha by Horison resmi berpisah dari manajemen Horison Grup, dan berganti nama dari Grand Keisha by Horison menjadi Grand Keisha Hotel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai strategi rebranding yang digunakan oleh Grand Keisha Hotel setelah lepas dari  Manajemen Horison Grup.Rebranding merupakan upaya perusahaan untuk memperbaharui sebuah brand yang telah ada agar menjadi lebih baik tetapi tidak mengabaikan dan melupakan tujuan awal perusahaan yaitu profit. sementara itu, proses rebranding tidaklah mudah dan harus melakukan pertimbangan internal dan eksternal. Metode yang peneliti gunakan untuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Lead and Development Grand Keisha Hotel sebagai salah satu pihak yang terjun langsung dalam  melaksanakan proses rebranding dari awal hingga selesai. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, peneliti dapat menyimpulkan bahwa strategi rebranding yang dilakukan oleh Grand  Hotel setelah berpisah dari Horison Grup adalah dengan menerapkan tahapan-tahapan rebranding berupa tahap renaming, redesign, dan relaunching.Tahap renaming yang dilakukan diantaranya yaitu, yang pertama adalah  mengganti nama dari Grand Keisha by Horison menjadi Grand Keisha hotel, lalu mengubah tagline hotel, mengubah visi misi, corporate culture, Standar Operasional Prosedure (SOP) hotel.  Sedangkan untuk tahap redesign, yang dilakukan diantaranya ialah dengan menghilangkan tulisan �by Horison� pada semua atribut dan elemen hotel yang terlihat baik yang terlihat didalam hotel maupun diluar hotel, merubah warna pada logo hotel, merubah pilihan font tulisan, meluncurkan seragam baru para staff dan karyawan. Dan tahap relaunching yang dilakukan secara internal dan eksternal. Relaunching internal, dilakukan dengan sosialiasasi kepada staff dan karyawan hotel melalui rapat, atau morning briefing. Sedangkan untuk relaunching external dilakukan dengan pemberitahuan rebranding melalui media sosial milik Grand Keisha Hotel, memuat pemberitaan mengenai rebranding hotel di surat kabar atau koran, personal touch oleh sales-sales kepada pihak-pihak yang bekerja sama dengan Grand Keisha Hotel, dan melakukan pers gathering dengan mengundang beberapa rekan media cetak, media online  besar yang ada di Jogja, influencer, rekan-rekan dari agen perjalanan baik online maupun offline, dan musisi-musisi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Rebranding, Hotels, Grand Keisha Hotel of Yogyakarta
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 06 Sep 2023 03:48
Last Modified: 06 Sep 2023 03:48
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39165

Actions (login required)

View Item
View Item