KAROMATUN NISA (2023) INVESTIGATING ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS' ATTITUDES TOWARD THE IMPLEMENTATION OF PROJECT-BASED LEARNING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (439kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (190kB)
Bab I.pdf
Download (139kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (241kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (373kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (339kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (125kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (131kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (321kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (445kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Proses pembelajaran yang diimplementasikan di program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) fokus pada pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa. Berdasarkan aktivitias yang dilakukan, pembelajaran berbasis proyek dikategorikan sebagai salah satu strategi pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa. Dalam implementasinya, pembelajaran berbasis proyek memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Perbedaan ini dapat membuat perbedaan sikap mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi sikap mahasiswa terhadap implementasi pembelajaran berbasis proyek dan mengidentifikasi perbedaan sikap antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dan metode survey. Total responden adalah 113 mahasiswa aktif dari fakultas pendidikan bahasa angkatan 2020 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang telah mendaftar dan memiliki pengalaman mengikuti mata kuliah yang mengimplementasikan pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini fokus pada mata kuliah Entrepreneurship. Untuk menginvestigasi sikap mahasiswa, penelitian ini menggunakan sebuah kuisioner sebagai instrumen penelitian. Dari total 113 mahasiswa, terdiri dari 30 mahasiswa laki-laki dan 83 mahasiswa perempuan, mereke bersikap positif terhadap implementasi pembelajaran berbasis proyek. Mereka setuju bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, berpikir kritis, komunikasi dan kemampuan memecahkan masalah. Berdasarkan jenis kelamin, penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa laki-laki (Mean=4.1) hanya memiliki lebih sedikit sikap positif dibandingkan dengan mahasiswa perempuan (Mean=4.0). Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan sikap yang signifikan antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan terhadap implementasi pembelajaran berbasis proyek.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | project-based learning, students� attitude, gender |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 03:46 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 03:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39173 |