SAFURA BELLA UTAMI (2023) THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS' PERSONALITY TYPES AND STUDENTS' ACHIEVEMENT IN ENGLISH SPEAKING CLASS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (408kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (236kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (153kB)
Bab I.pdf
Download (141kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (157kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (196kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (304kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (150kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (129kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (279kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (986kB)
Abstract
Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda karena cara hidupnya masing-masing, beradaptasi, dan mengatasi tantangan. Salah satu keterampilan bahasa Inggris yang perlu dipelajari siswa adalah keterampilan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi yang terjadi antara tipe kepribadian siswa dan prestasi siswa dalam kelas berbicara bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain korelasi. Responden penelitian ini adalah 110 mahasiswa ELED angkatan 2019 di salah satu universitas Islam swasta di Yogyakarta. Teknik convenience sampling digunakan untuk memilih responden dari 153 total populasi. Kuesioner dan skor dokumen mata kuliah LSDC (Listening and Speaking for Daily Conversation) digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 36 siswa (33%) dengan kepribadian Agreeableness, 29 siswa (26%) dengan kepribadian Openness, 19 siswa (17%) dengan kepribadian Neuroticism, 15 siswa (14%) dengan kepribadian Conscientiousness, dan 11 siswa ( 10%) dengan kepribadian Ekstroversi. Prestasi berbicara siswa berada pada rata-rata 75,69, sehingga dapat dikategorikan �Baik�. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,161 dan tingkat koefisien sebesar 0,269. Jadi, dapat disimpulkan bahwa belum ada korelasi yang signifikan antara tipe kepribadian siswa dan prestasi belajar siswa di kelas berbicara bahasa Inggris. Hipotesis ditolak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | personality, the big five personality, speaking achievement, speaking skill |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 03:45 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 03:45 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39182 |