INDAH SUWARNI (2023) IMPLEMENTASI INSTAGRAM DENGAN MODEL CIRCULAR OF SOME DALAM MEMBERIKAN INFORMASI KEBIJAKAN PEMERINTAH PROVINSI NTB DI MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (565kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (57kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (18kB)
Bab I.pdf
Download (282kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (555kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (90kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (24kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (36kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kasus Covid-19 menjadi sebuah tantangan besar untuk Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, jika dilihat dari tingginya jumlah Covid-19 diperlukan peran pemerintah untuk terus aktif menyampaikan informasi, edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat. Dengan adanya pembatasan sosial dan kemajuan teknologi yang begitu pesat saat ini, peran media sosial menjadi begitu penting bagi pemerintah Provinsi NTB untuk berinteraksi dan menyampaikan segala bentuk informasi kepada masyarakat.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Instagram dengan Model Circular of Some dalam memberikan informasi kebijakan Pemerintah Provinsi NTB di masa pandemi Covid-19 tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan studi dokumen.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Instagram dengan Model Circular of Some dalam memberikan informasi kebijakan Pemerintah Provinsi NTB di masa pandemi Covid-19 tahun 2020 berjalan cukup baik. Pada tahap share, penyebaran informasi melalui Instagram dilatarbelakangi oleh perkembangan pengikut yang cukup tinggi pada Instagram @humasntb dan telah menjadi rujukan informasi bagi masyarakat telebih di masa pandemi Covid-19. Pemprov NTB membagikan konten edukatif, inspiratif, promotif dan motivasi disertai dengan sumber yang jelas untuk membangun kepercayaan publik. Pada tahap optimize Pemprov NTB menggunakan sistem aplikasi GSMH untuk mengetahui issue yang sedang dibicarakan masyarakat serta menyertakan hastag untuk memperkuat informasi yang dibagikan. Pada tahap manage, media monitoring dilakukan oleh tim PRCC dengan melakukan pengecekan komentar dan DM yang ada pada Instagram dan dilakukan rapat evaluasi setiap minggunya. Pemprov NTB melakukan respon cepat kepada masyarakat tetapi belum konsisten. Tahap engage, Pemprov NTB memiliki PR Ambassadors sebagai public influencer dan mengadakan kontes foto dan video untuk menarik perhatian masyarakat terhadap informasi Covid-19 yang dibagikan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Government Public Relation, The Circular Model of Some, Instagram |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 03:43 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 03:43 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39187 |