THE IMPLEMENTATION OF GROUP WORK IN EFL CLASSROOM

BIVY CALLISTA PUTRI ALLYA (2023) THE IMPLEMENTATION OF GROUP WORK IN EFL CLASSROOM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kerja kelompok telah banyak digunakan di dalam kelas, terutama di kelas EFL. Kerja kelompok bukan saja dianggap sebagai metode pembelajaran yang efektif, namun ada kalanya juga memiliki kekurangan. Penting untuk mengeksplorasi apa persepsi siswa terhadap kerja kelompok berdasarkan pengalaman mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa EFL terhadap kelebihan dan tantangan kerja kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan desain penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di salah satu universitas Islam swasta di Yogyakarta. Peneliti melakukan wawancara terbuka, yang melibatkan enam peserta mahasiswa dari jurusan pendidikan bahasa Inggris angkatan 2019 dan menggunakan pedoman wawancara sebagai instrumen penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Temuan mencakup persepsi siswa tentang apa keuntungan dari kerja kelompok dan juga tantangan kerja kelompok. Namun, siswa memiliki beragam jawaban terhadap kelebihan dan tantangan kerja kelompok. Ada 9 temuan tentang manfaat kerja kelompok yaitu kerja kelompok memungkinkan siswa untuk memahami pelajaran dengan lebih baik, kerja kelompok mengembangkan kemampuan keterampilan bahasa, kerja kelompok mendukung kolaborasi siswa, kerja kelompok meningkatkan keterampilan komunikasi, kerja kelompok mencapai nilai yang lebih baik, kerja kelompok menginisiasi siswa untuk belajar. ide-ide baru, kerja kelompok membuat siswa bertanggung jawab, kerja kelompok membuat penyelesaian tugas menjadi efektif, kerja kelompok meningkatkan kreativitas siswa dan ada 6 temuan tentang tantangan kerja kelompok yaitu kerja kelompok membuat siswa terlalu tergantung pada orang lain, kerja kelompok tidak adil dalam nilai, kerja kelompok memakan waktu lebih lama dalam menyelesaikan tugas, kerja kelompok tidak adil dalam pembagian tugas, kerja kelompok memaksakan pendapat individu, kerja kelompok membuat siswa menolak untuk berkolaborasi dengan orang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Group work, EFL Classroom.
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 06 Sep 2023 03:38
Last Modified: 06 Sep 2023 03:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39243

Actions (login required)

View Item
View Item