BIVY CALLISTA PUTRI ALLYA (2023) THE IMPLEMENTATION OF GROUP WORK IN EFL CLASSROOM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (216kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (370kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (263kB)
Bab I.pdf
Download (296kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (416kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (291kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (459kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (260kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (370kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (472kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (682kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kerja kelompok telah banyak digunakan di dalam kelas, terutama di kelas EFL. Kerja kelompok bukan saja dianggap sebagai metode pembelajaran yang efektif, namun ada kalanya juga memiliki kekurangan. Penting untuk mengeksplorasi apa persepsi siswa terhadap kerja kelompok berdasarkan pengalaman mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa EFL terhadap kelebihan dan tantangan kerja kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan desain penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di salah satu universitas Islam swasta di Yogyakarta. Peneliti melakukan wawancara terbuka, yang melibatkan enam peserta mahasiswa dari jurusan pendidikan bahasa Inggris angkatan 2019 dan menggunakan pedoman wawancara sebagai instrumen penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Temuan mencakup persepsi siswa tentang apa keuntungan dari kerja kelompok dan juga tantangan kerja kelompok. Namun, siswa memiliki beragam jawaban terhadap kelebihan dan tantangan kerja kelompok. Ada 9 temuan tentang manfaat kerja kelompok yaitu kerja kelompok memungkinkan siswa untuk memahami pelajaran dengan lebih baik, kerja kelompok mengembangkan kemampuan keterampilan bahasa, kerja kelompok mendukung kolaborasi siswa, kerja kelompok meningkatkan keterampilan komunikasi, kerja kelompok mencapai nilai yang lebih baik, kerja kelompok menginisiasi siswa untuk belajar. ide-ide baru, kerja kelompok membuat siswa bertanggung jawab, kerja kelompok membuat penyelesaian tugas menjadi efektif, kerja kelompok meningkatkan kreativitas siswa dan ada 6 temuan tentang tantangan kerja kelompok yaitu kerja kelompok membuat siswa terlalu tergantung pada orang lain, kerja kelompok tidak adil dalam nilai, kerja kelompok memakan waktu lebih lama dalam menyelesaikan tugas, kerja kelompok tidak adil dalam pembagian tugas, kerja kelompok memaksakan pendapat individu, kerja kelompok membuat siswa menolak untuk berkolaborasi dengan orang lain.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Group work, EFL Classroom. |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 03:38 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 03:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39243 |