YOGA WINIARTA (2023) STRATEGI DAKWAH CHANNEL YUFID TV DALAM MEMBANGUN MINAT BELAJAR AGAMA ISLAM PADA GENERASI MILLENIAL (STUDI KASUS PADA FOLLOWERS AKUN YUFID TV). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (386kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (246kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (82kB)
Bab I.pdf
Download (113kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (384kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (120kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (329kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (74kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (81kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (102kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (258kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian skripsi ini dilakukan karena peneliti melihat bahwa media semakin canggih dan dakwah semakin mudah disampaikan kapanpun dan di manapun. Salah satu media yang banyak di kunjungi oleh generasi millenial yaitu YouTube dan Instagram. Dan salah satu channel dakwah yang peneliti ambil sebagai bahan skripsi yaitu Yufid-TV. Yufid TV adalah salah satu channel dakwah yang isi kajiannya sesuai dengan pemahaman Shalafush shaleh dan bersumber dari al-quran dan as-sunnah. Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu bagaimana strategi dakwah yang terdapat pada channel Yufid TV di YouTube dalam membangun minat millenial belajar Agama Islam? Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi dakwah yang ada pada channel YouTube Yufid TV dalam membangun minat millenial untuk belajar Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis data berupa triangulasi sumber. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa channel Yufid TV berhasil membangun minat millenial untuk belajar Agama Islam dengan strategi dakwah yang efektif. Hal ini terlihat dari jumlah penotonton dan subscriber yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Selain itu penelitian ini juga membuktikan bahwa strategi dakwah yang digunakan oleh Yufid TV dapat dijadikan contoh bagi pengembangan dakwah di era digital yang semakin berkembang saat ini. Berikut beberapa strategi yang digunakan antara lain: Konten yang menarik dan relevan, penggunaan teknologi dan media sosial, konsistensi dan kesinambungan, narasumber yang berkualitas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Da'wah Strategy, Learning Interest, Millennial Generation |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 07:19 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 07:19 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39256 |