MANAJEMEN MEDIA AKUN INSTAGRAM @KULINERCILACAP SEBAGAI AKUN INFORMASI WARGA CILACAP TAHUN 2022

ATHALLA NAUFAL RAFI RIMBARDI (2023) MANAJEMEN MEDIA AKUN INSTAGRAM @KULINERCILACAP SEBAGAI AKUN INFORMASI WARGA CILACAP TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (986kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Akun @kulinercilacap merupakan akun informasi berbasis Instagram yang mengusung tema kuliner seputar Cilacap. Dalam akun @kulinercilacap terdapat proses manajemen media dalam proses pembuatan konten untuk menyampaikan informasi pada masyarakat. Berdasar dengan apa yang sudah disampaikan, bagaimana manajemen media di dalam tim @kulinercilacap?. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui bagaimana sistem manajemen media dari @kulinercilacap. Penelitian ini bermanfaat sebagai kajian manajemen media dalam sosial media, bahasan sosial media sebagai bagian dari media massa serta dapat menjadi panduan manajemen media dalam sosial media dan menjadi panduan pengelola sosial media. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 yaitu Manajemen Media Digital dan Social Media Engagement. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan paradigma post-positivistik. Deskriptif kualitatif merupakan metode penelitian yang menggunakan landasan studi kasus. Penelitian ini berlokasi di Cilacap, Jawa Tengah dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara bersama admin @kulinercilacap dan tim kreatif @kulinercilacap. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data dengan cara menggali informasi dengan teknik wawancara. Hasil temuan dari penelitian ini menemukan beberapa fenomena seperti konten yang direncanakan dan tidak direncanakan, proses manajemen media dari @kulinercilacap, cara mempertahankan kualitas konten, pemberian reward saat evaluasi dan cara mempertahankan engagement dari @kulinercilacap. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ternyata didalam manajemen media @kulinercilacap terdapat hal-hal yang berbeda, seperti pada fungsi perencanaan yang dimana terdapat konten yang direncanakan dan tidak. Hal ini dikarenakan manajemen media dalam sosial media dan media massa berbeda.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Management, @kulinercilacap account, Information account
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:18
Last Modified: 05 Sep 2023 07:18
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39261

Actions (login required)

View Item
View Item