THE IMPLEMENTATION OF TOTAL COMMUNICATION APPROACH IN TEACHING ENGLISH FOR THE HEARING-IMPAIRED STUDENTS: TEACHERS' PERSPECTIVES

FAIRLY FAIRIAL (2023) THE IMPLEMENTATION OF TOTAL COMMUNICATION APPROACH IN TEACHING ENGLISH FOR THE HEARING-IMPAIRED STUDENTS: TEACHERS' PERSPECTIVES. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Studi ini tentang penerapan pendekatan komunikasi total dalam pengajaran bahasa Inggris untuk siswa tunarungu berdasarkan perspektif guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keuntungan dan tantangan penerapan pendekatan komunikasi total dalam pengajaran bahasa Inggris kepada siswa tunarungu berdasarkan perspektif guru. Berdasarkan Thurman (2009), pendekatan komunikasi total mendukung pemanfaatan setiap dan semua sarana komunikasi untuk menghasilkan kesempatan tak terbatas untuk memahami orang lain dan juga untuk dipahami oleh orang lain termasuk penggunaan amplifikasi wicara (alat bantu dengar), pembinaan modalitas indra, wicara membaca, pantomim, membaca dan menulis. Dalam melakukan penelitian ini, metode penelitian kualitatif diadopsi. Penelitian ini dilakukan di salah satu sekolah luar biasa negeri di Bantul, Yogyakarta. Partisipan penelitian ini adalah tiga orang guru yang menerapkan pendekatan komunikasi total di kelasnya selama proses belajar mengajar kepada siswa tunarungu. Peserta terdiri dari dua guru perempuan dan satu guru laki-laki. Dalam mengumpulkan data digunakan wawancara. Ada lima temuan terkait keuntungan penerapan komunikasi total dalam pengajaran bahasa Inggris untuk siswa tunarungu. Temuannya adalah meningkatkan komunikasi yang efektif dengan siswa, membantu guru meningkatkan siswa di kelas, membantu guru meningkatkan keterampilan bahasa siswa, membantu guru memaksimalkan penglihatan siswa, dan meningkatkan hubungan positif antara guru dan siswa. Selain itu, ada lima temuan terkait tantangan penerapan komunikasi total dalam pengajaran bahasa Inggris untuk siswa tunarungu. Temuannya adalah tantangan dalam mengajar pengucapan, kurangnya kemampuan guru untuk berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat, waktu mengajar yang terbatas, tantangan dalam memfasilitasi kesenjangan siswa dalam berbagai kemampuan, dan tantangan dalam menyiapkan bahan ajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Total communication approach, students with hearing impairment, advantages, challenges
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:17
Last Modified: 05 Sep 2023 07:17
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39264

Actions (login required)

View Item
View Item