THE CORRELATION BETWEEN SELF-ESTEEM AND SPEAKING SKILLS AMONG ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS

HARDIAN GUNADI (2023) THE CORRELATION BETWEEN SELF-ESTEEM AND SPEAKING SKILLS AMONG ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (641kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara harga diri siswa dan keterampilan berbicara mereka. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dimana penelitian ini berfokus pada desain penelitian korelasi. Responden adalah 100 mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (ELED) angkatan 2021 di Universitas Islam Swasta Yogyakarta. Selain itu, peneliti memberikan kuesioner untuk mengumpulkan data harga diri siswa dan menggunakan skor berbicara mereka untuk mendapatkan data keterampilan berbicara mereka. Peneliti melakukan statistik Deskriptif untuk menjawab pertanyaan penelitian pertama dan kedua. Sedangkan untuk menjawab pertanyaan penelitian ketiga, peneliti menganalisis data dengan menggunakan Statistik Inferensial. Hasil penelitian menunjukkan SD = 0,47 sedangkan M = 3,10 termasuk kategori harga diri tinggi. Selain itu, hasil juga menunjukkan SD = 13,09 dan M = 74,30 yang menunjukkan tingkat keterampilan berbicara yang tinggi. Selain itu, nilai signifikansi (p-value) kedua variabel adalah 0,02 di bawah 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kedua variabel. Selanjutnya nilai Pearson Product Moment (r-value) adalah 0,23, sehingga terdapat korelasi yang positif. Namun, korelasinya rendah karena Pearson Product Moment (r-value) adalah 0,20 � 0,39, tergolong rendah berdasarkan Cronbach�s Alpha yang diadopsi dari Sugiyono (2015). Dengan demikian, hipotesis alternatif (H1) penelitian ini diterima

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Self-esteem, speaking skills, correlation design
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:17
Last Modified: 05 Sep 2023 07:17
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39268

Actions (login required)

View Item
View Item