RISIKO KECELAKAAN KERJA PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUAS JALAN FLEXIBLE PAVEMENT

IHWAN DIKI SAPUTRA (2023) RISIKO KECELAKAAN KERJA PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUAS JALAN FLEXIBLE PAVEMENT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Meskipun kehadiran peralatan dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas pekerjaan, kehadiran mesin dan peralatan lain dapat memiliki dampak negatif pada keselamatan pekerja. Banyak kecelakaan kerja terjadi di Indonesia karena kesadaran pengusaha dan karyawan tentang pentingnya penerapan K3 masih rendah. Pada penelitian ini, peneliti mengidentifikasi risiko yang akan terjadi pada proyek tersebut dengan mengumpulkan data dari lapangan melalui wawancara dengan para pekerja dan menggunakan formulir kuesioner. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai risiko secara keseluruhan untuk proyek tersebut adalah 6,33 dan termasuk dalam kategori "Risiko Sedang". Pada penelitian ini, nilai risiko tertinggi terdapat pada pekerjaan jalan dengan nilai risiko sebesar 9,33 dan termasuk dalam kategori "Risiko Sedang" dan nilai risiko terendah terdapat pada pekerjaan finishing yang memiliki nilai 2 dan termasuk dalam �Risiko Rendah�. Untuk meminimalisir risiko tersebut, perlu dilakukan beberapa upaya seperti menggunakan peralatan pelindung diri secara lengkap, mengikuti prosedur operasi standar, dan memasang rambu-rambu pada setiap pekerjaan. Penelitian ini dapat memberikan wawasan bagi pengusaha dan karyawan di bidang konstruksi tentang pentingnya penerapan K3 dalam melindungi keselamatan dan kesehatan pekerja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: K3, Risk Management, Road Construction
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:15
Last Modified: 05 Sep 2023 07:15
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39361

Actions (login required)

View Item
View Item