JUWITA ASA YUWANI (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (639kB)
Halaman Judul.pdf
Download (639kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (676kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (109kB)
Bab I.pdf
Download (202kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (363kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (144kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (418kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (50kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (226kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Manajemen kelas merupakan bagian penting dari proses pendidikan. Manajemen tersebut dilakukan oleh seorang guru, dalam mengatur dan mengkoordinasikan sebuah kelompok belajar agar terbentuk iklim yang kondusif, efektif, efisien serta sistematis. Hal itu dimaksudkan agar potensi di dalam diri siswa dapat di optimalkan scara penuh. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengelolaan siswa, pengelolaan fasilitas kelas, faktor pendukung dan penghambat apa saja pada manajemen kelas di mata pelajaran Akidah Akhlak di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif deskriptif analisis. Data yang diperoleh bukan berupa angka akan tetapi berupa data yang diperoleh langsung dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan hasil bahwa implementasi manajemen kelas mata pelajaran Akidah Akhlak di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta, sudah sesuai dengan teori manajemen kelas dari pengelolaan siswa hingga pengelolaan fasilitas telah dijalankan dengan baik oleh guru akidah akhlak di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Faktor pendukung yang paling berpengaruh ialah gedung, sarana dan prasarana yang lengkap disetiap kelas, sehingga memudahkan proses pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat lebih banyak berasal dari siswa yang memiliki kebiasaan tidur di kelas, telat masuk kelas, bermain HP ataupun menyukai lawan jenis. Hal ini mengakibatkan terhambatnya pembelajaran dan rendahnya fokus belajar siswa di kelas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Classroom Management, Learning, Akidah Akhlak |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 07:14 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 07:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39365 |