PRE-SERVICE TEACHERS' PERCEPTION TOWARD THE IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE LEARNING STRATEGY IN SENIOR HIGH SCHOOL IN YOGYAKARTA DURING INTERNSHIP PROGRAM

LAILA AZIZAH (2023) PRE-SERVICE TEACHERS' PERCEPTION TOWARD THE IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE LEARNING STRATEGY IN SENIOR HIGH SCHOOL IN YOGYAKARTA DURING INTERNSHIP PROGRAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (578kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Strategi pembelajaran kooperatif adalah pendekatan pendidikan yang menekankan kerja kelompok dan kerjasama antar siswa untuk mencapai tujuan bersama. Pendekatan ini melibatkan pembagian siswa menjadi kelompok kecil, di mana mereka bekerja sama untuk menyelesaikan tugas, memecahkan masalah, dan saling belajar dari satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tantangan dalam mengimplementasikan pembelajaran kooperatif dan strategi untuk mengatasi tantangan tersebut berdasarkan persepsi calon guru. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif untuk menemukan dan mengeksplorasi informasi yang lebih terperinci. Metode di bawah pendekatan kualitatif yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif. Empat mahasiswa ELED dipilih sebagai partisipan dalam penelitian ini. Semua partisipan adalah mahasiswa ELED angkatan 2020 di sebuah universitas swasta di Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui wawancara. Sebagai hasilnya, terdapat dua temuan, yang pertama adalah tantangan yang dihadapi oleh calon guru; ide yang berbeda dalam memilih kelompok, kurangnya dukungan siswa terhadap kelompok mereka, dan siswa yang tidak memperhatikan guru. Temuan kedua adalah tentang strategi untuk mengatasi tantangan tersebut; pemilihan kelompok yang tepat untuk siswa, membentuk komunikasi yang efektif kepada siswa, dan membangun kepercayaan bagi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Cooperative learning, challenges, strategies
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 05 Sep 2023 06:53
Last Modified: 05 Sep 2023 06:53
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39382

Actions (login required)

View Item
View Item