LAILA AZIZAH (2023) PRE-SERVICE TEACHERS' PERCEPTION TOWARD THE IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE LEARNING STRATEGY IN SENIOR HIGH SCHOOL IN YOGYAKARTA DURING INTERNSHIP PROGRAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (578kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (469kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (83kB)
Bab I.pdf
Download (131kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (174kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (124kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (141kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (91kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (54kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (173kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (184kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Strategi pembelajaran kooperatif adalah pendekatan pendidikan yang menekankan kerja kelompok dan kerjasama antar siswa untuk mencapai tujuan bersama. Pendekatan ini melibatkan pembagian siswa menjadi kelompok kecil, di mana mereka bekerja sama untuk menyelesaikan tugas, memecahkan masalah, dan saling belajar dari satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tantangan dalam mengimplementasikan pembelajaran kooperatif dan strategi untuk mengatasi tantangan tersebut berdasarkan persepsi calon guru. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif untuk menemukan dan mengeksplorasi informasi yang lebih terperinci. Metode di bawah pendekatan kualitatif yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif. Empat mahasiswa ELED dipilih sebagai partisipan dalam penelitian ini. Semua partisipan adalah mahasiswa ELED angkatan 2020 di sebuah universitas swasta di Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui wawancara. Sebagai hasilnya, terdapat dua temuan, yang pertama adalah tantangan yang dihadapi oleh calon guru; ide yang berbeda dalam memilih kelompok, kurangnya dukungan siswa terhadap kelompok mereka, dan siswa yang tidak memperhatikan guru. Temuan kedua adalah tentang strategi untuk mengatasi tantangan tersebut; pemilihan kelompok yang tepat untuk siswa, membentuk komunikasi yang efektif kepada siswa, dan membangun kepercayaan bagi siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative learning, challenges, strategies |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 06:53 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 06:53 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39382 |