SITI ROHMATIN NUR IFANA (2023) PENGARUH TINGKAT HAFALAN AL-QURAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA UNIRES UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA ANGKATAN 2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (529kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (389kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (405kB)
Bab I.pdf
Download (562kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (748kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (602kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (409kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (424kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (852kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kemampuan menghafal Al-Quran berpengaruh pada kecerdasan kognitifseseorang. Para mahasiswa merasakan pengaruhnya dengan adanya program yang diberikan oleh UNIRES melahirkan rasa kesulitan dalam membagi waktu antara menghafal Al-Quran dan mengikuti proses perkuliahan dalam meraih prestasi akademiknya. Keadaanini juga dipengaruhi oleh adanya motivasi belajarnya. Maka, dalam membuktikan hal tersebut penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat hafalan Al-Quran dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik pada mahasiswa UNIRES UMY angkatan 2021. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui tingkat hafalan Al-Quran, motivasibelajar, dan pengaruhnya terhadap prestasi akademik mahasiswa. Metode pengambilan sampel dengan rumus Slovin pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian regresi linier berganda. Pengumpulan data dokumentasi pada penelitian ini adalah rekap pencapaian target tahfidz Al-Quran dan nilai prestasi akademik mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan data pendukung menggunakan wawancara. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara tingkat hafalan Al-Quran dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa UNIRES UMY angkatan 2021. Dengan adanya penelitian ini, semakin pahamakan dibutuhkannya perbaikan pada system pelaksanaan program, peningkatan kualitas internalisasi keislaman, nilai-nilai Pendidikan berbasis Al-Quran, dan pengembangan motivasi belajar pada mahasiswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Recite the Qur'an; learning motivation; and academic achievement |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 06:47 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 06:47 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39408 |