AULIA RAHMAN (2023) PENDIDIKAN AKHLAK ANAK DALAM PERTEMANAN SEBAYA DI TAMAN PENDIDIKAN AL QUR'AN IBUNDA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (523kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (44kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (405kB)
Bab I.pdf
Download (158kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (321kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (209kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (738kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (147kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (18kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (793kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang peneliti meneliti tentang Pendidikan akhlak anak dalam pertemanan sebaya di Taman Pendidikan Al Qur�an Ibunda karena banyaknya anak yang memiliki perilaku buruk dan tidak mencerminkan akhlak anak muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perubahan terhadap anak yang berperilaku buruk di Taman Pendidikan Al Qur�an Ibunda dengan anak berakhlak baik. Alasannya untuk mencegah terjadinya tindakan kekerasan di masa depan terhadap anak tersebut, seperti bullying dan kenakalan yang berlebihan. Melalui Pendidikan akhlak anak dalam pertemanan sebaya anak dapat terpengaruh atau mencontoh perilaku perilaku yang baik dari teman sebayanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan subyek penelitian yaitu anak usia PAUD dan TK. Data dikumpulkan dengan cara observasi, dokumentasi, wawancara. Data dianalisis secara deskriptif, kredibilitas data menggunakan triangulasi sumber, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa dalam pendidikan akhlak anak dalam pertemanan sebaya di Taman Pendidikan Al Qur�an Ibunda ini anak menjadi berubah ke arah yang lebih baik bersama dengan teman sebayanya. Anak dapat berubah dengan adanya lingkungan atau tempat tinggal yang nyaman bagi anak tersebut. Anak dapat berubah dengan adanya bantuan dari pertemanan sebaya yang memiliki pengaruh baik bagi anak tersebut. Anak dapat berubah mengikuti kegiatan yang positif seperti mengaji atau kegiatan social (dengan syarat anak tersebut mempunyai teman seusianya yang memiliki akhlak baik). Walaupun proses berubah anak itu lama akan tetapi sangat efektif bagi anak tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Moral education of children, peer friendships |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 06:47 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 06:47 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39409 |