THE USE OF BREAKOUT ROOM FOR SYNCHRONOUS ONLINE LEARNING: A CASE STUDY

ALIFIYA RAHMAWATI (2023) THE USE OF BREAKOUT ROOM FOR SYNCHRONOUS ONLINE LEARNING: A CASE STUDY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)

Abstract

Proses belajar mengajar berubah dari tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan konferensi video sejak Pandemi Covid-19. Beberapa guru telah menggunakan platform pembelajaran online dengan fitur breakout room, terutama untuk aktivitas siswanya selama pembelajaran sinkronus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa di breakout room dan manfaat penggunaan breakout room untuk pembelajaran online sinkronus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan desain studi kasus. Wawancara merupakan data primer, dan kuesioner digunakan sebagai data pendukung. Sembilan puluh satu siswa berpartisipasi dalam penelitian ini, yang dilakukan di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di sebuah universitas swasta di Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan siswa di breakout room adalah mendiskusikan pertanyaan atau topik, mengerjakan latihan atau tugas, mencari informasi tentang topik, mempersiapkan presentasi, dan mempersiapkan role-play. Hal ini juga didukung oleh hasil kuesioner dengan skor rata-rata tinggi, termasuk mendiskusikan pertanyaan atau topik (skor rata-rata 3,29, SD=0,60), berkolaborasi dalam proyek kelompok (skor rata-rata 2,98, SD=0,63), menjawab pertanyaan ( skor rata-rata 2,95, SD=0,35), dan mencari informasi (skor rata-rata 2,92, SD=0,76). Peneliti menemukan bahwa penggunaan breakout room dalam pembelajaran sinkronus dapat memfasilitasi pembelajaran yang kolaboratif, memiliki dukungan antar teman sebaya, meningkatkan partisipasi siswa di kelas, meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara, dan membantu siswa memahami materi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Breakout rooms, online learning, significance use, students activity, synchronous learning
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:37
Last Modified: 04 Sep 2023 07:37
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39418

Actions (login required)

View Item
View Item