ALIFIYA RAHMAWATI (2023) THE USE OF BREAKOUT ROOM FOR SYNCHRONOUS ONLINE LEARNING: A CASE STUDY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (130kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (286kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Bab I.pdf
Download (172kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (173kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (203kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (176kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (89kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (280kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (109kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (544kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (913kB)
Abstract
Proses belajar mengajar berubah dari tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan konferensi video sejak Pandemi Covid-19. Beberapa guru telah menggunakan platform pembelajaran online dengan fitur breakout room, terutama untuk aktivitas siswanya selama pembelajaran sinkronus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa di breakout room dan manfaat penggunaan breakout room untuk pembelajaran online sinkronus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan desain studi kasus. Wawancara merupakan data primer, dan kuesioner digunakan sebagai data pendukung. Sembilan puluh satu siswa berpartisipasi dalam penelitian ini, yang dilakukan di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di sebuah universitas swasta di Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan siswa di breakout room adalah mendiskusikan pertanyaan atau topik, mengerjakan latihan atau tugas, mencari informasi tentang topik, mempersiapkan presentasi, dan mempersiapkan role-play. Hal ini juga didukung oleh hasil kuesioner dengan skor rata-rata tinggi, termasuk mendiskusikan pertanyaan atau topik (skor rata-rata 3,29, SD=0,60), berkolaborasi dalam proyek kelompok (skor rata-rata 2,98, SD=0,63), menjawab pertanyaan ( skor rata-rata 2,95, SD=0,35), dan mencari informasi (skor rata-rata 2,92, SD=0,76). Peneliti menemukan bahwa penggunaan breakout room dalam pembelajaran sinkronus dapat memfasilitasi pembelajaran yang kolaboratif, memiliki dukungan antar teman sebaya, meningkatkan partisipasi siswa di kelas, meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara, dan membantu siswa memahami materi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Breakout rooms, online learning, significance use, students activity, synchronous learning |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 07:37 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 07:37 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39418 |