ANISA RUSMANA PUTRI (2023) PRE-SERVICE TEACHERS' PERCEPTION TOWARD THE SUPERVISOR TEACHERS DURING THE INTERNSHIP PROGRAM IN SENIOR HIGH SCHOOL IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (377kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (434kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (119kB)
Bab I.pdf
Download (113kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (145kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (94kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (150kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (84kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (181kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (141kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Magang merupakan salah satu cara bagi calon guru untuk memperoleh pengalaman nyata dalam mengajar. Mereka dapat belajar dan memperoleh keterampilan baru, terutama dalam mengajar. Selama magang, calon guru dibimbing oleh guru pembimbing, yang membantu mereka dalam banyak hal. Selain itu, calon guru menghadapi beberapa kendala selama magang. Salah satunya adalah menghadapi sikap guru pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi calon guru terhadap sikap guru pembimbing dan harapan calon guru terhadap guru pembimbing dalam membimbing calon guru selama program magang. Peneliti menggunakan metode kualitatif dan desain penelitian deskriptif kualitatif dalam melakukan penelitian ini. Peserta untuk penelitian ini adalah empat mahasiswa ELED yang dipilih oleh peneliti. Semua peserta adalah mahasiswa ELED dari angkatan 2019 di sebuah universitas swasta di Yogyakarta. Selain itu, peneliti menggunakan wawancara sebagai instrumen pengumpulan data. Ada beberapa temuan dalam penelitian ini. Persepsi calon guru tentang sikap guru pembimbing adalah bahwa ia memiliki sikap yang positif dan aktif serta berusaha keras. Selain itu, beberapa sikap negatif juga ditemukan dalam penelitian ini, seperti guru pembimbing yang kadang-kadang tidak memperhatikan dan kurang kooperatif, dan kadang-kadang guru pembimbing yang tidak aktif berkomunikasi dengan mahasiswa. Calon guru mengharapkan sikap yang positif dari guru pembimbing. Sikap positif yang diharapkan oleh semua peserta adalah guru pembimbing yang mampu menjalin komunikasi yang baik dengan mahasiswa, guru pembimbing yang memperhatikan dan memahami kondisi mahasiswa, dan guru pembimbing yang dapat membimbing mahasiswa dengan baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internship, Pre-service Teacher, Supervisor Teacher�s Attitude |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 07:36 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 07:36 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39426 |