Agung Kurniawan (2021) UNJUK KERJA MESIN DIESEL DENGAN BAHAN BAKAR BIODIESEL DARI BAHAN BAKU MINYAK JARAK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (365kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (134kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (79kB)
Bab I.pdf
Download (362kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (330kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (465kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (597kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (545kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (430kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pemakaian sumber energi pada saat ini semakin meningkat menyebabkan sumber energi fosil seperti minyak, batubara dan gas alam semakin menipis. Cadangan minyak di Indonesia semakin menipis disebabkan pemakaian minyak bumi untuk bahan bakar transportasi dan pabrik–pabrik industri. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengurangi pemakaian bahan bakar fosil, salah satu alternatif yang sedang berkembang saat ini yaitu bahan bakar yang dapat diperbaharui (renewable) yang disebut biodiesel. Biodiesel tersusun dari berbagai macam ester asam lemak yang dapat diproduksi dari minyak tumbuhan seperti minyak sawit, minyak jarak, minyak kelapa dan masih ada beberapa minyak tumbuhan yang dapat dijadikan bahan bakar biodiesel. Mesin diesel merupakan sistem penggerak utama untuk transportasi maupun penggerak stasioner. Penggunaan mesin diesel digunakan pada traktor, mobil alat berat serta mesin industri. Komponen dan karakteristik mesin diesel diatur sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi kinerja mesin diesel. Salah satu komponen mesin diesel yang dapat diatur adalah tekanan injeksi pengabutan (Noozle). Tekanan injeksi sangat berpengaruh terhadap kualitas campuran bahan bakar dan udara. Viskositas bahan bakar sangat berpengaruh terhadap kualitas otomasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja mesin diesel ketika diberi beban lampu dan untuk mengetahui karakteristik injeksi nosel/semprotan menggunakan bahan bakar solar dan biodiesel minyak jarak. Parameter yang diuji dalam penelitian ini yaitu daya listrik dan konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) dengan diberikan 5 beban lampu yang masing-masing lampu sebesar 500watt serta menguji karakteristik injeksi/semprotan menggunakan bahan bakar biodiesel. Hasil pengujian daya listrik maksimum yang didapatkan pada penelitian ini yaitu bahan bakar solar murni 1,74 kW pada pembebanan maksimum. Untuk hasil konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) yang lebih hemat yaitu BJ1 B5 (0,239 kg/kW.jam) dan BJ1 B10 (0,227 kg/kW.jam) pada pembebanan maksimum. Hasil pengujian karakteristik injeksi/semprotan dilakukan dengan menghitung panjang dan sudut. Biodiesel yang memiliki panjang semprotan dan sudut semprotan kecil yaitu BJ1 B10 dengan panjang semprotan 387,6 mm dan sudut semprotan sebesar 11,13 pada waktu 00:01 detik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 02:42 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 02:42 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3947 |