GILANG ADJIE PANGESTU (2023) ANALISIS SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT PADA LAYANAN DUKCAPIL SMART BANTUL DI ERA NEW NORMAL COVID � 19 PERIODE TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (914kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (633kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (121kB)
Bab I.pdf
Download (353kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (536kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (75kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (135kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (718kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Pelayanan publik yang kini diberikan oleh pemerintah bagi sebagian masyarakat dinilai belum sesuai harapan masyarakat. Salah satu langkah yang dapat pemerintah lakukan untuk menanggapi keluhan masyarakat, dan untuk dapat memulihkan nama baik pemerintah selaku pemberi layanan, pemerintah harus melaksanakan survei kepuasan masyarakat kepada masyarakat selaku pengguna layanan, Dukcapil Smart Bantul merupakan layanan publik yang diberikan Disdukcapil Kabupaten Bantul maka dari itu diperlukannya survei kepuasan terkait penggunaanya.Tujuan dari penelitian ini guna mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan Dukcapil Smart Bantul. Jenis Penelitian yang digunakn oleh peneliti dalam penelitian adalah jenis penelitian ini menggunakan penelitian campuran / kombinasi (mixed methods). Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner yang disebar atau dibagikan kepada masyarakat Kab. Bantul selaku pengguna layanan Dukcapil Smart Bantul.Hasil Penelitian yang dilakukan peneliti menunjukan bahwa nilai Survei Kepuasan Masyarakat pada layanan Dukcapil Smat Bantul sebesar 3.57 atau dengan nilai konveksi sebesar 88.30 dengan arti nilai tersebut masuk kedalam katagori �Baik�. Dan hasil dari 9 indikator Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) terdapat 3 unsur yang mendapatkan nilai A atau �Sangat Baik� diantaranya unsur biaya/tarif, unsur Kompetensi pelayanan, unsur penaganan pengaduan pada layanan dan terdapat 6 unsur dengan nilai B atau �Baik" yaitu unsur persyaratan, unsur Sistem, Mekanisme dan Pengaduan, unsur Waktu penyelesaian, unsur Produk Spesifikasi Jenis Layanan, unsur Perliaku Pelaksana, unsur Saranan Prasarana.Saran yang diberikan pada penelitian berfokus pada 4 unsur dengan nilai terndah, dengan saran saran sebagai berikut: Pertama lebih bisa melakukan sosialisi terkait layanan Dukcapil Smart ini agar masyarakat terbiasa dan dapat memahami dengan baik prosedur yang telah ditetapkan dengan baik, kedua blangko agar masyarakat yang ingin melakukan pelayan tetap bisa dilayani dengan baik tanpa harus menunggu waktu yang cukup lama, ketiga untuk bisa lebih cepat mengembangkan aplikasi Dukcapil Smart ini agar tetap bisa digunakan oleh masyarakat yang menggunakan handphone dengan sistem operasi IOS, terakhir agar bisa memperbarui alat atau perangkat yang digunakan guna mendukung layanan yang ada juga demi melayani masyarakat Bantul secara optimal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Public Service, Community Satisfaction Survey |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 07:14 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 07:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39572 |