PREDIKSI SISA UMUR JALAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX DI RUAS JALAN PROVINSI SEDAYU - PANDAK KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

MUHAMMAD ADY HERI IRAWAN (2023) PREDIKSI SISA UMUR JALAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX DI RUAS JALAN PROVINSI SEDAYU - PANDAK KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (752kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ruas jalan Sedayu - Pandak merupakan salah satu bagian jalan Provinsi yang menghubungkan jalan - jalan kolektor di sekitarnya. Jalan ini merupakan  salah satu ruas jalan provinsi yang cukup ramai dilalui oleh kendaaran roda dua, roda empat bahkan sampai kendaraan truk � truk bermuatan besar. Kasus tersebut dapat dilihat pada ruas jalan ini yang mengalami beberapa kerusakan, yang disebabkan oleh beban sumbu kendaraan yang meningkat dan bervariasi dan juga terjadi karena volume kendaraan yang semakin meningkat. Dalam menunjang proses pemeliharaan yang baik dan akurat, maka diperlukan adanya metode pemeringkatan untuk mengidentifikasi kondisi jalan yang nantinya dapat digunakan untuk memprediksi kondisi jalan di masa depan. Metode evaluasi ini dikenal sebagai PCI atau Pavement Condition Index, yaitu merupakan metode untuk mengevaluasi kondisi perkerasan jalan , serta dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk pekerjaan pemeliharaan jalan. Terdapat beberapa jenis kerusakan yang teridentifikasi, jenis kerusakan tersebut diantaranya Retak Kulit Buaya (Alligator Cracking), Retak Blok (Block Cracking), Benjol dan Turun (Bumps and Sags), Ambles (Depression), Retak Pinggir (Edge Cracking), Tambalan dan Tambalan Galian Utilitas (Patching and Utility Cut Patching), dan Lubang (Potholes). Nilai kondisi perkerasan pada ruas Jalan Provinsi Sedayu - Pandak STA 8+100 � STA 13+200 tergolong pada kondisi baik (good) dengan nilai PCI rata-rata sebesar 55,22 dengan nilai tertinggi sebesar 90 pada kondisi sempurna (excellent) dan nilai terendah sebesar 6 pada kondisi gagal (failed). Dan didapatkan nilai prediksi sisa umur layan selama 1 � 5 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Road Damage, PCI, Road Maintenance, Remaining Service Life
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:46
Last Modified: 04 Sep 2023 06:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39584

Actions (login required)

View Item
View Item