EVALUASI PELAYANAN KEFARMASIAN DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS BATU 10 KOTA TANJUNGPINANG

PUTRI AURILIA SILAWANE (2023) EVALUASI PELAYANAN KEFARMASIAN DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS BATU 10 KOTA TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (655kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa pelayanan kefarmasian dan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas belum sesuai dengan yang tercantum dalam Permenkes No.74 Tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelayanan kefarmasian dan tingkat Kepuasan pasien di Puskesmas Batu 10 Kota Tanjungpinang sesuai dengan Permenkes No.74 Tahun 2016.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif non eksperimental yang bersifat cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode accidental sampling. Data gambaran pelayanan kefarmasian diperoleh dari Apoteker Puskesmas dan pengamatan langsung di Puskesmas. Tingkat kepuasan pasien dievaluasi pada 95 pasien yang mendapat pelayanan kefarmasian melalui kuesioner. Data gambaran pelayanan kefarmasian dikaji berdasarkan Modul Training of Trainer (TOT) yang disusun berdasarkan Permenkes No.74 Tahun 2016. Data tingkat kepuasan pasien diukur berdasarkan skala likert atas tiga kategori range yang sesuai.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan kefarmasian di Puskesmas Batu 10 Kota Tanjungpinang yang dinilai berdasarkan pengelolaan sediaan farmasi dan bahan medis habis pakai, pelayanan farmasi klinik, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, dan pengendalian mutu pelayanan kefarmasian diperoleh jumlah skor 80,5. Tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Batu 10 Kota Tanjungpinang adalah 75% memberi penilaian sangat Puas dan 25% memberi penilaian puas.Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Pelayanan kefarmasian di Puskesmas Batu 10 Kota Tanjungpinang dalam kategori II/Sedang. (2) Tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Batu 10 Kota Tanjungpinang masuk dalam kategori sangat puas dengan peresentase sebesar 75%.Terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa pelayanan kefarmasian dan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas belum sesuai dengan yang tercantum dalam Permenkes No.74 Tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelayanan kefarmasian dan tingkat Kepuasan pasien di Puskesmas Batu 10 Kota Tanjungpinang sesuai dengan Permenkes No.74 Tahun 2016.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif non eksperimental yang bersifat cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode accidental sampling. Data gambaran pelayanan kefarmasian diperoleh dari Apoteker Puskesmas dan pengamatan langsung di Puskesmas. Tingkat kepuasan pasien dievaluasi pada 95 pasien yang mendapat pelayanan kefarmasian melalui kuesioner. Data gambaran pelayanan kefarmasian dikaji berdasarkan Modul Training of Trainer (TOT) yang disusun berdasarkan Permenkes No.74 Tahun 2016. Data tingkat kepuasan pasien diukur berdasarkan skala likert atas tiga kategori range yang sesuai.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan kefarmasian di Puskesmas Batu 10 Kota Tanjungpinang yang dinilai berdasarkan pengelolaan sediaan farmasi dan bahan medis habis pakai, pelayanan farmasi klinik, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, dan pengendalian mutu pelayanan kefarmasian diperoleh jumlah skor 80,5. Tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Batu 10 Kota Tanjungpinang adalah 75% memberi penilaian sangat Puas dan 25% memberi penilaian puas.Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Pelayanan kefarmasian di Puskesmas Batu 10 Kota Tanjungpinang dalam kategori II/Sedang. (2) Tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Batu 10 Kota Tanjungpinang masuk dalam kategori sangat puas dengan peresentase sebesar 75%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: evaluation of pharmaceutical care, health Center, the level of patient satisfaction
Divisions: Fakultas Kedokteran > Farmasi S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 03 Oct 2023 05:51
Last Modified: 03 Oct 2023 05:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39722

Actions (login required)

View Item
View Item