PUTRI AURILIA SILAWANE (2023) EVALUASI PELAYANAN KEFARMASIAN DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS BATU 10 KOTA TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (419kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (395kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (234kB)
Bab I.pdf
Download (655kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (446kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (374kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (678kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (228kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (339kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (344kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa pelayanan kefarmasian dan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas belum sesuai dengan yang tercantum dalam Permenkes No.74 Tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelayanan kefarmasian dan tingkat Kepuasan pasien di Puskesmas Batu 10 Kota Tanjungpinang sesuai dengan Permenkes No.74 Tahun 2016.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif non eksperimental yang bersifat cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode accidental sampling. Data gambaran pelayanan kefarmasian diperoleh dari Apoteker Puskesmas dan pengamatan langsung di Puskesmas. Tingkat kepuasan pasien dievaluasi pada 95 pasien yang mendapat pelayanan kefarmasian melalui kuesioner. Data gambaran pelayanan kefarmasian dikaji berdasarkan Modul Training of Trainer (TOT) yang disusun berdasarkan Permenkes No.74 Tahun 2016. Data tingkat kepuasan pasien diukur berdasarkan skala likert atas tiga kategori range yang sesuai.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan kefarmasian di Puskesmas Batu 10 Kota Tanjungpinang yang dinilai berdasarkan pengelolaan sediaan farmasi dan bahan medis habis pakai, pelayanan farmasi klinik, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, dan pengendalian mutu pelayanan kefarmasian diperoleh jumlah skor 80,5. Tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Batu 10 Kota Tanjungpinang adalah 75% memberi penilaian sangat Puas dan 25% memberi penilaian puas.Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Pelayanan kefarmasian di Puskesmas Batu 10 Kota Tanjungpinang dalam kategori II/Sedang. (2) Tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Batu 10 Kota Tanjungpinang masuk dalam kategori sangat puas dengan peresentase sebesar 75%.Terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa pelayanan kefarmasian dan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas belum sesuai dengan yang tercantum dalam Permenkes No.74 Tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelayanan kefarmasian dan tingkat Kepuasan pasien di Puskesmas Batu 10 Kota Tanjungpinang sesuai dengan Permenkes No.74 Tahun 2016.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif non eksperimental yang bersifat cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode accidental sampling. Data gambaran pelayanan kefarmasian diperoleh dari Apoteker Puskesmas dan pengamatan langsung di Puskesmas. Tingkat kepuasan pasien dievaluasi pada 95 pasien yang mendapat pelayanan kefarmasian melalui kuesioner. Data gambaran pelayanan kefarmasian dikaji berdasarkan Modul Training of Trainer (TOT) yang disusun berdasarkan Permenkes No.74 Tahun 2016. Data tingkat kepuasan pasien diukur berdasarkan skala likert atas tiga kategori range yang sesuai.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan kefarmasian di Puskesmas Batu 10 Kota Tanjungpinang yang dinilai berdasarkan pengelolaan sediaan farmasi dan bahan medis habis pakai, pelayanan farmasi klinik, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, dan pengendalian mutu pelayanan kefarmasian diperoleh jumlah skor 80,5. Tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Batu 10 Kota Tanjungpinang adalah 75% memberi penilaian sangat Puas dan 25% memberi penilaian puas.Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Pelayanan kefarmasian di Puskesmas Batu 10 Kota Tanjungpinang dalam kategori II/Sedang. (2) Tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Batu 10 Kota Tanjungpinang masuk dalam kategori sangat puas dengan peresentase sebesar 75%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | evaluation of pharmaceutical care, health Center, the level of patient satisfaction |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Farmasi S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 05:51 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 05:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39722 |