INOVASI PELAYANAN TA'KU DUGA DALAM MELAYANI KEBUTUHAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN; DUKCAPIL KOTA MATARAM TAHUN 2022

KHAIRURRAAZIQIIN (2023) INOVASI PELAYANAN TA'KU DUGA DALAM MELAYANI KEBUTUHAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN; DUKCAPIL KOTA MATARAM TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (779kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (725kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mengingat laju pertumbuhan penduduk yang terus meningkat, masalah kependudukan tidak akan pernah ada habisnya. Banyak masyarakat yang masih kurang berpartisipasi dalam setiap rencana atau kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Inovasi dalam pelayanan publik diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses dan melakukan pelayanan publik. Pemerintah Kota Mataram juga telah membuat kebijakan melalui inovasi Ta�ku duga atau pengantaran dokumen langsung ke masyarakat yang diwujudkan oleh pemerintah dimana mereka meyakini atas adanya kebaruan sistem yang mampu memberikan arah kemajuan bagi pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mataram. Memberikan bukti atas berjalannya pelayanan Ta`ku Duga dimana masyarakat disuguhkan dengan inovasi yang mampu memberikan kemudahan dimana tidak ada dalam sistem sebelumnya.  Tujuan dari adanya penelitian yang dilakukan yaitu mengetahui bagaimana proses implementasi inovasi pelayanan ta�ku duga oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mataram dalam melayani kebutuhan dokumen kependudukan dan faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya program inovasi pelayanan ta�ku duga.Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang mencakup kumpulan bukti empiris atau data lapangan yang menggambarkan kejadian-kejadian alamiah dan problematika. Teknik analisis data ini mengunakan teknik wawancara mendalam, dokumen serta data primer dan sekunder.Hasil penelitian yang ditemukan sesuai dengan indikator-indikator dari variabel yang digunanakan seperti, keuntungan relatif, kesesuaian inovasi, kerumitan, kemungkinan dicoba dan observasi sudah baik. Telah memenuhi standar pelayanan yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mataram. Keefektifan Inovasi Pelayanan Ta�ku Duga dalam Melayani Kebutuhan Masyarakat Kota Mataram yaitu kondisi lingkungan, sumber daya, dan kemampuan agen pelaksana.Diharapkan kantor DUKCAPIL Kota Mataram menjaga keberlangsungan inovasi Ta�ku Duga mengingat dampak yang dirasakan masyaraat sangat membantu sehingga masyarakat lebih mudah dalam melakukan kepengurusan dokumen. Diharapkan pemerintah memberikan sosialisasi yang maksimal agar inovasi ini dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat Kota Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Innovation, Public Service, Ta'ku Duga, Population Documents
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: M. Erdiansyah
Date Deposited: 01 Nov 2023 09:39
Last Modified: 01 Nov 2023 09:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39788

Actions (login required)

View Item
View Item