DETI ANDRIANI (2023) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TK ABA DEMANGREJO KAPANEWON SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (484kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (492kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (63kB)
Bab I.pdf
Download (124kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (255kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (169kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (720kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (46kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (98kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (232kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya nilai agama Islam yang ditanamkan sejak anak usia dini. Pembelajaran pada anak usia dini terkadang hanya pada ranah kognitif saja, padahal anak belum dapat berfikir abstrak. Maka memerlukan strategi pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan religiusitas anak usia dini dan mengetahui strategi guru dalam menanamkan nilai pendidikan agama Islam di TK ABA Demangrejo serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnyaPenelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian guru dan peserta didik TK ABA Demangrejo. Data dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian yakni: (1) Perkembangan religiusitas pada peserta didik dapat dilihat dari perkembangan agama pada anak usia 5-6 tahun yakni pada tingkat dasar ditandai dengan peserta didik sudah terbiasa dalam penerapan do'a sehari-hari dan adab-adab yang telah diajarkan oleh guru, (2) Strategi yang dilakukan adalah dengan menggunakan strategi hafalan, strategi bercakap-cakap, strategi tanya jawab, strategi cerita atau kisah, strategi demonstrasi, dan strategi permainan dengan tepuk tangan dan bernyanyi, (3) Faktor pendukung penanaman nilai pendidikan agama Islam yakni kemampuan intelektual peserta didik, sarana prasarana kegiatan pembelajaran, dan guru. Faktor penghambat adalah kurangnya peran orang tua dan lingkungan yang mempengaruhi tingkah laku peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Early aged children, Islamic education values, Teachers' strategy |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 30 Sep 2023 06:42 |
Last Modified: | 30 Sep 2023 06:42 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39809 |