Dinna Madaningsih (2021) IMPLEMENTASI PROGRAM DURENMAS UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DI DINDUKCAPIL KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (414kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (156kB)
Bab I.pdf
Download (376kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (211kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (808kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (172kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (167kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (667kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
<p>Adanya pandemi covid-19 semua sektor menjadi terhambat, termasuk dalam hal pelayanan publik di Dindukcapil Kabupaten Banjarnegara. Dindukcapil Banjarnegara akhirnya mengeluarkan inovasi berupa pelayanan online menggunakan aplikasi Durenmas. Aplikasi ini sebenarnya sudah ada pada tahun 2019 namun belum digunakan untuk pelayanan, kemudian dengan adanya covid-19 maka pada 1 Juni 2020 Durenmas ini dipergunakan untuk pelayanan online. Diharapkan dengan adanya aplikasi Durenmas ini dapat memudahkan masyarakat dalam mengurus data kependudukan disituasi pandemi covid-19.</p>
<p>Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan fenomena atau peristiwa yang terjadi di lapangan. Data yang didapatkan disaksikan secara akurat dan apa yang terjadi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi,wawancara, serta dokumentasi objek yang diteliti, dengan mengukur dari implementasi kebijakan ada 3 indikator yang meliputi Adanya program atau kebijakan, Adanya target grup, Adanya unsur pelaksana kebijakan. Kemudian faktor yang mempengaruhi implemtasi program yang ada 4 yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi, serta struktur birokrasi. Dan juga kualitas pelayanan ada 5 indikator yang meliputi Berwujud (tangible), Kehandalan (reliability), Ketanggapan (responsiveness), Jaminan (assurance), dan Empati (empaty).</p>
<p>Hasil penelitian di lapangan diketahui kualitas pelayanan di Dindukcapil Kabupaten Banjarnegara sudah cukup baik. Aplikasi Durenmas ini sudah memudahkan masyarakat dalam pengurusan data kependudukan pada situasi pandemi covid-19 untuk mengurangi kontak langsung dengan masyarakat dan meminimalisir penularan virus corona. Namun masih terdapat kendala dalam implementasiannya, yaitu jaringan internet yang lambat, kurangnya pemahaman masyarakat dalam alur penggunaan aplikasi durenmas, dan juga sumber daya manusia di Dindukcapil Banjarnegara yang kurang.</p>
<p>Saran yang diberikan peneliti kepada Dindukcapil Kabupaten Banjarnegara yaitu perlu penambahan fasilitas seperti alat pengecek suhu dalam sebelum memasuki ruangan. Kemudian melakukan rekrutmen pegawai yang berkompeten dan berpengalaman, ditambah dengan peningkatan sosialisasi secara langsung kepada masyarakat terkait bagaimana alur dan cara mengguakan aplikasi durenmas. Kemudian untuk masalah jaringan internet Diskominfo menempatkan tower sinyal ditempat yang lebih strategis agar sinyal yang didapatkan oleh masyarakat lebih maksimal.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 06:49 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 06:49 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3984 |