MUHAMMAD ABDULLAH HIDAYAT (2023) MANAJEMEN KELAS DALAM PENGEMBANGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (363kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (69kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (32kB)
Bab I.pdf
Download (95kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (259kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (103kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (295kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (83kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (153kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (136kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta memiliki akrditasi A dan beberapa prestasi. aspek yang bagus dan baik. namun, apakah dari sisi lain seperti fasilitas sarana dan prasarana, manajemen kelas guru, pelaksanaan dalam pembelajaran dalam pengembangan minat belajar tersebut ada atau hanya sekedar belajar saja? Maka dari itu peneliti akan meneliti tentang manajemen kelas dalam pengembangan minat belajar siswa Kelas IX di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem, implementasi, faktor pendukung dan faktor pengahambat manajemen kelas dalam Pengembangan Minat belajar siswa kelas IX di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Kemudian subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas IX, Guru dan Kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Field research (penelitian lapangan). Untuk Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Adapun untuk Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya sistem manajemen kelas dalam pengembangan minat belajar siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta sudah tertata dan ada. Adapun untuk Implementasi manajemen kelas manajemen kelas dalam pengembangan minat belajar siswa kelas IX di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dari sisi segi sarana dan prasarana sudah lengkap. Dari segi lain, baik dari dinamika kelas, pembelajaran dan pengembangan manajemen kelas disesuaikan dengan kelas atau tergantung kelasnya. Hal tersebut disesuaikan dengan kondisi kelas IX yang berbeda dalam setiap kelasnya. Kemudian untuk faktor pendukung manajemen kelas dalam penelitian ini terdapat beberapa faktor yaitu, sarana dan prasarana, kelas tambahan atau les tambahan di hari libur, ketegasan seorang guru dan media pembelajaran. Adapun untuk faktor penghambat dalam penelitin ini ialah yaitu, Lingkungan siswa yang tidak kondusif, waktu pembelajaran yang lama dan kurangnya fungsi Sarana dan prasarana
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Classroom Management, Learning Interest, Development |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 07:24 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 07:24 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39862 |