NANDA AKHMAD KHOIRUDIN (2023) EVALUASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL HUDA SOGAN WATES KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (727kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (467kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (55kB)
Bab I.pdf
Download (84kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (147kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (353kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (96kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (127kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (175kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran aqidah akhlak Di Madrasah Diniyah Miftahul Buda Sogan, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat evaluasi pemebelajaran aqidah akhlak Di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Sogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Model penelitian ini menggunakan Gold Oriented Evaluation Model yang mengacu pada obyek tujuan dari progam evaluasi yang dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan, model ini dikembangkan oleh Tyler. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Sogan Wates Kulon Progo. Observasi terkait evaluasi penmbelajaran mata pelajaran aqidah akhlak dilakukan di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Sogan dengan mewawancarai pihak terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Sogan masih belum efektif. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil penilaian aspek kognitif pada peserta didik yaitu perolehan nilai UTS dengan rata rata nilai 72,6 dan 76,3 untuk rata rata nilai UAS. Dengan demikian maka evaluasi koginitif dalam pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Sogan masih belum tuntas, evaluasi afektif sudah berjalan dengan baik karena proses evaluasi sudah menggunakan sistem instrumen cek list, penilaian aspek psikomotorik perlu ditingkatkan dengan mengacu pada obyek penting yang akan dievaluasi. Metode pembelajaran yang digunakan di Madrasah ini masih belum efisien karena hanya menggunakan metode ceramah dan diskusi 2) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Sogan dilakukan dengan merancang berbagai instrumen yang sesuai dengan memperhatikan aspek afektif, kognitif dan psikomotorik sehingga menghasilkan nilai secara keseluruhan pada diri siswa, 3) Evaluasi pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Sogan belum dilaksanakan dengan efektif karena guru aqidah akhlak menyampaikan materi hanya dengan metode ceramah dan diskusi, alangkah baiknya lebih ditingkatkan lagi inovasi dalam penyampaian materi kepada siswa seperti game soal, quis dan lain lain agar pembelajaran lebih aktif lagi dan siswa tidak merasa bosan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluation, Aqidah Akhlak learning subject |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 30 Sep 2023 02:48 |
Last Modified: | 30 Sep 2023 02:48 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39874 |