ANANG BASKARA (2023) STRATEGI PEMASARAN BERAS ORGANIK KOMUNITAS PETANI ORGANIK LEMBAH SUOH LAMPUNG BARAT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
![]() |
Text (Bab VI)
Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
STRATEGI PEMASARAN BERAS ORGANIK KOMUNITAS PETANI ORGANIK LEMBAH SUOH LAMPUNG BARAT. 2023. ANANG BASKARA (Skripsi dibimbing oleh SRIYADI). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang dihadapi oleh KPO. Lembah Suoh Lampung Barat dan merumuskan strategi pemasaran yang perlu dikembangkan oleh KPO. Lembah Suoh Lampung Barat. Respondem merupakan ketua, sekretaris, bendahara dan ketua tim pemasaran serta konsumen dari KPO. Lembah Suoh Lampung Barat. Metode yang digunakan adalah Analisis SWOT dan Analisis QSPM. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa faktor kekuatan KPO. Lembah Suoh Lampung Barat adalah memiliki beberapa varian produk, memiliki keunggulan dibandingkan produk non-organik, produk tersertifikasi organik, harga jual produk organik stabil, memiliki beberapa varian harga, mengikuti event pameran, aktif publikasi dimedia sosial serta memiliki beberapa mitra. Sedangkan faktor kelemahan adalah belum mampu memenuhi kebutuhan pasar, harga jual lebih tinggi dibandingkan produk non-organik dan jaringan pemasaran belum luas. Faktor yang menjadi peluang bagi KPO. Lembah Suoh Lampung Barat adalah meningkatnya tingkat pendapatan masyarakat, meningkatnya gaya hidup sehat masyarakat, meningkatnya tingkat pendidikan masyarakat, permintaan pasar sangat besar serta kemajuan teknologi informasi. Sedangkan ancaman yang dihadapi adalah pemasaran masih terbatas pada konsumen menengah keatas serta beredar produk dengan klaim organik. Berdasarkan hasil analisis QSPM, strategi yang perlu dikembangkan adalah memperluas pangsa pasar, mempertahankan kualitas produk dan pelayanan kepada konsumen maupun distributor serta menambah jumlah mitra petani organik bekerjasama dengan pedagang lokasl untuk memasarkan produk beras organik diarea Lampung Barat.
Dosen Pembimbing: | Sriyadi, Dr. Ir, M.P. | NIDN0528106903 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Marketing Strategy, SWOT, QSPM, Organic Rice |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 30 Sep 2023 02:48 |
Last Modified: | 30 Sep 2023 02:48 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/39878 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |