Afwa Bagas Wahuda (2021) PENGEMBANGAN ONLINE MULTIPLAYER ROOM SYSTEM PADA GAME ULAR TANGGA GENRE STRATEGI DENGAN PHOTON ENGINE DAN UNITY3D. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (500kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (513kB)
Bab I.pdf
Download (629kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (872kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (579kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (481kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (768kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
<p><em>Game</em> ular tangga genre strategi adalah sebuah inovasi baru yang dikembangkan berdasarkan dari permainan papan ular tangga dengan menambahkan unsur strategi di dalamnya. Pengembangan <em>game</em> ini diawali dengan membuat <em>Game Design Document</em> dan terus berlanjut hingga menjadi versi <em>online multiplayer</em> yang dapat dimainkan pada perangkat yang berbeda. Meskipun sudah dapat dimainkan pada perangkat yang berbeda, versi <em>online multiplayer</em> ini hanya memiliki sebuah <em>room</em> dengan kapasitas maksimal dua pemain. Hal ini menyebabkan pemain lain yang juga ingin bermain permainan ini harus menunggu sampai sesi permainan sebelumnya selesai terlebih dahulu. Oleh karena itu, penulis mengembangkan lebih lanjut pada bagian <em>online multiplayer room system</em> di dalam <em>game</em> ular tangga genre strategi ini supaya dapat dimainkan dengan lebih dari satu <em>room</em> secara bersamaan. Penulis menggunakan metode yang diadopsi dari <em>Game Development Life Cycle</em>. Terdapat tiga tahapan di dalam metode ini, yaitu <em>Pre-Production</em>, <em>Production</em>, dan <em>Testing</em>. Penulis menggunakan <em>Photon Engine</em> dan <em>Unity3D</em> untuk mengembangkan <em>game</em> ini. Penulis juga melakukan tiga jenis pengujian yaitu pengujian layanan <em>online multiplayer</em>, pengujian <em>gameplay</em>, dan pengujian performa perangkat pada mode empat pemain. Berdasarkan hasil dari tahapan <em>production</em> dan <em>testing</em> yang telah dilakukan, penulis berhasil mengembangkan bagian <em>online multiplayer room system</em> pada <em>game</em> ular tangga genre strategi. <em>Game</em> ini sudah dapat dimainkan oleh delapan pemain di dalam dua <em>room</em> yang berbeda secara bersamaan dengan perangkat PC atau laptop.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 18 Dec 2021 02:32 |
Last Modified: | 18 Dec 2021 02:32 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/3990 |